Tasya, Yoan (2022) EVALUASI KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONALISME GURU PAI DI MTS AL WASHILAH JAKARTA BARAT. Diploma thesis, UNUSIA.
YOAN TASYA-18130073.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kompetensi Pedagogik dan Profesionalisme Guru. Untuk menjadi seorang guru yang kompeten guru harus menguasai empat standar Kompetensi yaitu Kompetensi Pedagogik, Profesional, Sosial, dan Kepribadian. Setidaknya mampu melaksanakan tugasnya secara mempuni baik secara konseptual dan aplikatif Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian evaluasi kompetensi pedagogik dan profesionalisme guru PAI di MTs Al Washilah Jakarta Barat adalah
metode penelitian kualitatif.
Penelitian ini menggunakan Metode penelitian kualitatif dengan beberapa teknik pengumpulan data diantaranya observasi, wawancara, dan studi dokumen.Keabsahan/Vasliditas data ini menggunakan triagulasi, baik sumber maupun teknik Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun informan dalam penelitian ini ialah kepala madrasah , wakil kurikulkum, serta guru mata pelajaran PAI dan peserta didik MTs Al Washilah Jakarta Barat.
Penelitian menemukan fakta bahwa dari informan yang pertama dapat di analisis guru PAI di MTs Alwashilah kurang mempunyai kemampuan untuk menguasai teori dan prinsip mendidik dalam proses pembelajaran. Untuk mempunyai kemampuan tersebut ada beberapa aspek yang harus diperhatikan oleh seorang guru. Misalnya guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran dengan menggunakan media yang menarik. Selain itu juga, guru dapat memberikan motivasi kepada siswa agar siswa dapat semangat dalam proses pembelajaran berlangsung.Berdasarkan hasil temuan dan panyajian pembahasan sebelumnya.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa seorang guru harus mempunyai penguasaan kompetensi pedagogik dan disertai dengan professional karena akan menentukan tingkat keberhasilan proses dan hasil pembelajaran peserta didik, guru perlu meningkatkan kompetensi pedagogik diharapkan setiap guru melalui upaya belajar secara terus menerus dan sistematis, dengan merujuk pada standar tertentu yang disepakati bersama di institusi atau sekolah. Saran bagi kepala sekolah agar meningkatkan kembali pengawasan kepada guru yang dalam hal ini adalah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik antara lain memonitoring ke kelas, evaluasi kinerja guru, rapat guru - guru, dan seminar pendidikan. Hal tersebut dilakukan untuk lebih mematangkan kembali cara guru mengajar materi yang diajarakan, serta sarana prasarana mengajar kurikulum dan silabus.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Fatkhu Yasik, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi, Kompetensi, Pedagogik, Profesional |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id |
Date Deposited: | 18 Oct 2023 05:48 |
Last Modified: | 18 Oct 2023 05:48 |
URI: | https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/573 |