PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK TELADAN MELALUI METODE KISAH NABI DAN ROSUL DI PENGAJIAN AL-IBTIDA DESA CIDOKOM

Rinaldi, Attirmidzi and Fuzta, Iqbal Chaqa (2022) PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK TELADAN MELALUI METODE KISAH NABI DAN ROSUL DI PENGAJIAN AL-IBTIDA DESA CIDOKOM. PRAXIS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1 (2): 357. pp. 126-131. ISSN 2963-9115

[thumbnail of 575] Text
575

Download (30kB)
[thumbnail of 575] Text
575 - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (30kB)

Abstract

Penulis bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana metode kisah membentuk karakter anak
teladan. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini berupa pelatihan. Pelatihan dalam kegiatan ini
di bagi menjadi tiga tahapan yaitu : 1) Tahap persiapan yakni dengan melakukan persiapan bahan
bahan materi atau cerita yang akan disampaikan kepada anak anak pada saat kegiatan pembelajaran,
2) Tahap pelaksanaan yakni diawali dengan kegiatan pembukaan seperti pembacaan doa, bernyanyi
dan berbincang bincang, tujuannya untuk membiasakan anak, sebelum melakukan sesuatu maka
harus diawali dengan berdoa dan juga anak tidak mudah bosan dalam belajar, dan selanjutnya
mengajarkan materi yang sudah disiapkan, 3) Tahap evaluasi yakni kegiatan penilaian, untuk
mengetahui pemahaman anak anak terhadap materi yang sudah disampaikan dengan cara
memberikan pertanyaan apabila bisa menjawab maka akan mendapatkan hadiah. Hasil dari kegiatan
pengabdian ini, anak-anak mulai memahami materi tentang akhlak, selain itu mereka juga
mengimplementasikan akhlak yang sudah di ajarkan oleh mahasiswa KKN kepada orang tua dan
warga sekitar

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembentukan Karakter; Metode Kisah
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 300 Ilmu sosial
300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302 Interaksi sosial
Depositing User: Unnamed user with username feby
Date Deposited: 18 Oct 2023 04:41
Last Modified: 18 Oct 2023 04:41
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/568

Actions (login required)

View Item
View Item