PROGRAM TAMAN BACA MASYARAKAT (TBM) SAHITYA SEBAGAI UPAYA MEMBANGUN BUDAYA LITERASI DI DESA CANDALI

Prabowo, Muhammad Aras and Hidayani, Hidayani and Rahma, Defita and Aulia, Silvi (2023) PROGRAM TAMAN BACA MASYARAKAT (TBM) SAHITYA SEBAGAI UPAYA MEMBANGUN BUDAYA LITERASI DI DESA CANDALI. Jurnal Abdi : Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 8 (2): 9203. pp. 170-178. ISSN 2502-6518

[thumbnail of 19266] Text
19266 - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (39kB)

Abstract

Taman Baca Masyarakat merupakan pendidikan nonformal sebagai tindak lanjut dari program pemerintah dan pendidikan berkelanjutan dalam memberdayakan masyarakat melalui gerakan literasi. Taman Baca Masyarakat merupakan program membangun desa pendidikan dari Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia sebagai implementasi dari salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat. Metode yang digunakan pastisipasi aktif, yaitu; (1) Observasi dan Perencanaan (3) Pelaksanaan pendirian TBM dan pelatihan tutor pengelola TBM (4) Evaluasi (5) Tindak lanjut. Hasil observasi menemukan banyak anak yang putus sekolah di Desa Candali. TBM sebagai perpustakaan dan pendidikan alternatif dalam memberdayakan masyarakat serta menumbuhkan minat baca masyarakat Desa Candali. Outcome dari program Pengmas yaitu TBM yang berkelanjutan, diteruskan oleh remaja setempat yang telah dibekali kemampuan dan manajemen dalam mengelola TBM. Tim Pengmas Unusia masih melakukan memonitoring perkembangan TBM melalui grup Whastapp pengelola.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Budaya Literasi, Pendidikan Alternatif, Pemberdayaan Masyarakat, (Taman Baca Masyarakat) TBM
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 300 Ilmu sosial
300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302 Interaksi sosial
300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 303 Proses sosial
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with username feby
Date Deposited: 18 Oct 2023 03:19
Last Modified: 18 Oct 2023 03:19
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/564

Actions (login required)

View Item
View Item