KONSEP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KITAB AR-RISALAH AL-JAMIAH KARYA AL-HABIB AHMAD BIN ZAIN AL-HABSYI

Al Hinduan, Umar muhammad (2023) KONSEP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KITAB AR-RISALAH AL-JAMIAH KARYA AL-HABIB AHMAD BIN ZAIN AL-HABSYI. Diploma thesis, UNUSIA.

[thumbnail of Umar Muhammad Al Hinduan-16130005.pdf] Text
Umar Muhammad Al Hinduan-16130005.pdf

Download (898kB)
Official URL: https://unusia.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan agama Islam dalam kitab Ar-Risalah Al-Jamiah karya Al-Habib Ahmad
Bin Zain Al-Habsyi, serta mengkaji faktor-faktor yang menjadikan kitab tersebut unggul. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan (library research) yaitu peneliti menganalisis masalah dan pertanyaan-pertanyaan penelitian dengan bantuan sumber dan referensi tertulis.

Konsep pendidikan agam Islam dalam kitab Ar-Risalah Al-Jamiah adalah pendidikan yang komprehensif, dalam arti mencakup seluruh aspek pendidikan; aspek intelektual (kognitif), spiritual dan moral (afektif), dan keterampilan (psikomotorik), yang mana ketiga aspek pendidikan ini tertuang dalam tiga pokok pembahasan kitab tersebut, yaitu Iman, Islam, dan Ihsan.

Faktor-faktor yang menjadi keunggulan bagi konsep pendidikan dalam kitab Ar-Risalah Al-Jamiah dapat dideskripsikan dalam empat karakteristik; yaitu bahwa kitab tersebut praktis, komprehensif, sistematis, dan relevan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing : Saiful Bahri, MA
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Kitab, Islam, Iman, Ihsan.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id
Date Deposited: 17 Oct 2023 04:20
Last Modified: 17 Oct 2023 04:20
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/554

Actions (login required)

View Item
View Item