Al Hinduan, Umar muhammad (2023) KONSEP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KITAB AR-RISALAH AL-JAMIAH KARYA AL-HABIB AHMAD BIN ZAIN AL-HABSYI. Diploma thesis, UNUSIA.
Umar Muhammad Al Hinduan-16130005.pdf
Download (898kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan agama Islam dalam kitab Ar-Risalah Al-Jamiah karya Al-Habib Ahmad
Bin Zain Al-Habsyi, serta mengkaji faktor-faktor yang menjadikan kitab tersebut unggul. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan (library research) yaitu peneliti menganalisis masalah dan pertanyaan-pertanyaan penelitian dengan bantuan sumber dan referensi tertulis.
Konsep pendidikan agam Islam dalam kitab Ar-Risalah Al-Jamiah adalah pendidikan yang komprehensif, dalam arti mencakup seluruh aspek pendidikan; aspek intelektual (kognitif), spiritual dan moral (afektif), dan keterampilan (psikomotorik), yang mana ketiga aspek pendidikan ini tertuang dalam tiga pokok pembahasan kitab tersebut, yaitu Iman, Islam, dan Ihsan.
Faktor-faktor yang menjadi keunggulan bagi konsep pendidikan dalam kitab Ar-Risalah Al-Jamiah dapat dideskripsikan dalam empat karakteristik; yaitu bahwa kitab tersebut praktis, komprehensif, sistematis, dan relevan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Saiful Bahri, MA |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan, Kitab, Islam, Iman, Ihsan. |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id |
Date Deposited: | 17 Oct 2023 04:20 |
Last Modified: | 17 Oct 2023 04:20 |
URI: | https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/554 |