IMPLEMENTASI METODE QIRO’ATI DALAM MEMBACA AL-QUR’AN SANTRI AL-NAHDLAH ISLAMIC BOARDING SCHOOL PONDOK PETIR, BOJONGSARI, DEPOK

Suliayani, Suliayani (2022) IMPLEMENTASI METODE QIRO’ATI DALAM MEMBACA AL-QUR’AN SANTRI AL-NAHDLAH ISLAMIC BOARDING SCHOOL PONDOK PETIR, BOJONGSARI, DEPOK. Diploma thesis, UNUSIA.

[thumbnail of Suliayani-18130152.pdf] Text
Suliayani-18130152.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://unusia.ac.id/

Abstract

Al-Nahdlah Islamic Boarding School merupakan salah satu lembaga pendidikan al-Qura’an yang dalam pembelajarannya menggunakan metode Qira’ati. Metode Qira’ati ini disusun oleh Kyai Haji Dachlan Salim Zarkasyi, yang dimana dalam pembelajarannya menekankan kepada keterampilan membaca secara cepat dan tepat, baik pada makhorijul hurufnya maupun tajwidnya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang muncul di lokasi penelitian seperti halnya dengan metode yang sudah baik, seharusnya siswa sudah mampu membaca al-Qur’an dengan baik, akan tetapi dalam kenyataannya belum sesuai yang diharapkan, seperti dalam membaca al-Qur’an makharijul hurufnya masih kurang
tepat, kefasihan dan ketartilan belum benar. Begitupun hafalannya belum sesuai target.

Tujuan yang ingin dicapai peneliti adalah bagaimana penerapan metode Qira’ati di Al-Nahdlah Islamic Boarding School dan mengetahui bagaimana upaya guru dalam mengatasi faktor penghambat dalam pembelajaran menggunakan metode Qira’ati. Adapun Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yang dimana bertujuan untuk menemukan data dilapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.

Dari Penelitian ini diperoleh hasil bahwa Implementasi metode Qira’ati dalam membaca al-Qur’an Santri Al-Nahdlah Islamic Boarding School Pondok Petir, Bojongsari, Depok dalam pelaksanaanya berjalan dengan baik, hal ini ditandai dengan beberapa hal sebagai berikut: a. Adanya persiapan pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan murid b. Penerapan metode Qira’ati di Al-Nahdlah dalam pembelajarannya sudah sesuai ketentuan Qira’ati pusat, dan dalam implementasinya dilakukan melalui tiga tahap, pembelajaran awal, pembelajaran inti dan pembelajaran akhir.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing : Arif Rahman, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Al-Qur’an, Metode Qira’ati
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Anas Ahmad Anas Gozali
Date Deposited: 16 Oct 2023 03:38
Last Modified: 16 Oct 2023 03:39
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/540

Actions (login required)

View Item
View Item