PERAN WALI ASUH DALAM MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMP PRAMADINA

Fitrianti, Rahma (2022) PERAN WALI ASUH DALAM MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMP PRAMADINA. Diploma thesis, UNUSIA.

[thumbnail of Rahma Fitrianti-18130017.pdf] Text
Rahma Fitrianti-18130017.pdf

Download (6MB)
Official URL: https://unusia.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan wali asuh dalam meningkatkan karakter religius siswa di SMP Pramadina. Dan untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi wali asuh dalam menjalankan peranannya.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Menggunakan teknik analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun informan dalam penelitian ini yaitu pendiri sekolah, kepala sekolah, waka.kurikulum, staf TU, wali asuh dan siswa

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa peranan wali asuh dalam meningkatkan karakter religius siswa di SMP Pramadina. Sudah menjalankan peranannya dengan baik. Yaitu dengan memberikan bimbingan kedisiplinan, spiritual action, skill action dan sosial action. Kegiatannya antara lain, membimbing solat duha, zikir, praktek bacaan dan solat, pemeriksaan jam datang dan atribut sekolah. Dengan kegiatan ini siswa merasa lebih terbimbing dan terperhatikan. Manfaat dari penelitian ini adalah memudahkan pihak sekolah dalam menjalankan programnya khususnya program kurikulum internal, dan sebagai upaya untuk meningkatkan kedisiplinan siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing : Dede Setiawan, M.M.Pd
Uncontrolled Keywords: Wali Asuh, Karakter Religius, Siswa
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id
Date Deposited: 10 Oct 2023 07:36
Last Modified: 10 Oct 2023 07:36
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/523

Actions (login required)

View Item
View Item