PENGARUH METODE INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VIII SMP IT DARUL KHOLIDIN KEMANG BOGOR JAWA BARAT

Syarifah, Qothrunnada (2022) PENGARUH METODE INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VIII SMP IT DARUL KHOLIDIN KEMANG BOGOR JAWA BARAT. Diploma thesis, UNUSIA.

[thumbnail of Qothrunnada Syarifah-18130029.pdf] Text
Qothrunnada Syarifah-18130029.pdf

Download (5MB)
Official URL: https://unusia.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode inkuiri terhadap hasil belajar peserta didik. Hipotesis yang akan diuji adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh dari metode inkuiri terhadap hasil belajar peserta didik (2) Untuk mengetahui pengaruh metode konvensional terhadap hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP IT Darul Kholidin yang berjumlah 816 siswa dengan mengambil sampel menggunakan teknik probability berupa simple random sampling . Maka didapatkan dua kelas dari kelas VIII SMP IT Darul Kholidin yang berjumlah 77 siswa. Teknik pengambilan data pada penelitian ini adalah dengan metode Post-Test only control design berupa tes pilihan ganda dengan empat opsi dan jumlah butir soal sebanyak 20 pernyataan. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah uji-t dan uji One way Anova.

Berdasarkan hasil analisis, penulis menemukan bahwa: (1) Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen setelah diberi perlakukan dengan menggunakan metode inkuiri adalah sebesar 78,78 dengan skor terendah yaitu 70 dan skor tertinggi 100. (2) Rata-rata hasil belajar kelas kontrol setelah diberi perlakuan dengan metode konvensional adalah sebesar 73,23 Rata-rata hasil belajar kelas kontrol setelah diberi perlakuan dengan metode konvensional dan dilakukan post test adalah sebesar 73,23 dengan skor terendah yaitu 60 sedangkan skor tertinggi adalah 90.(3) Berdasarkan analisis menggunakan uji-t diperoleh hasil bahwa sebesar 3,033035 dan sebesar 1,997137908. Maka, > yang artinya ditolak dan diterima. Dengan kata lain, rata-rata nilai posttest kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hal ini menjawab pertanyaan bahwa hasil analisis ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam implementasi metode inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMP IT Darul Kholidin. (4) Berdasarkan analisis menggunakan uji One Way Anova, diperoleh hasil bahwa sebesar 9.205531481dan sebesar 3.988559825. Maka, > yang artinya H0 ditolak. Dengan kata lain, terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan metode inkuiri dan konvensional. Hal ini menjawab pertanyaan bahwa hasil analisis ini menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan dalam metode pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMP IT Darul Kholidin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing : nur Kabibuloh, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Inkuiri, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id
Date Deposited: 10 Oct 2023 06:25
Last Modified: 10 Oct 2023 06:35
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/520

Actions (login required)

View Item
View Item