Yani, Putri (2023) PERAN PENDIDIKAN NONFORMAL DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AGAMA SISWA (STUDI KASUS DI SMP NASIONAL PLUS PELITA INSANI. Diploma thesis, UNUSIA.
PUTRI YANI-18.13.0254.pdf
Download (2MB)
Abstract
Pendidikan nonformal merupakan Pendidikan yang teratur dengan sadar dilakukan tetapi tidak terlalu mengikuti peraturan-peraturan yang tetap dan ketat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Pendidikan non formal pada mata pelajaran agama islam dalam meningkatkan prestasi belajar agama siswa di SMP Pelita Insani, mulai dari proses pendekatan pembelajaran di Lembaga Pendidikan nonformal Taman Pendidikan Quran. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara Observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lembaga Pendidikan non formal (TPQ) mempunyai peranan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa disekolah. Hal ini terlihat adanya peningkatan hasil belajar siswa dari tahun ketahun berdasarkan hasil raport di setiap semester. Peran Pendidikan nonformal sebagai penambah Pendidikan di sekolah, siswa dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang belum didapatkan di Pendidikan formal. Dan peningkatan hasil belajar siswa dapat dilakukan melalui mengajarkan Al-Quran dengan baik dan benar seuai tajwidnya, mengajarkan materi Pendidikan agama islam seperti Fiqih, akidah akhlak dan Al-Quran hadits. Adapun dalam pendekatan pembelajaran siswa digunakan dengan berbagai macam metode, yaitu: metode ceramah,privat, klasikal, pembiasaan keteladanan dan pengawasan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Vika Nurul Mufidah, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan nonformal, Prestasi belajar: SMP |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id |
Date Deposited: | 10 Oct 2023 05:11 |
Last Modified: | 10 Oct 2023 05:11 |
URI: | https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/519 |