Mulia, Nur (2022) FAKTOR-FAKTOR PENURUNAN MINAT DAN MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAI DI MTs ASHHABUL MAIMANAH SIDAYU SERANG BANTEN KELAS VIII. Diploma thesis, UNUSIA.
NUR MULIA-18130143.pdf
Download (3MB)
Abstract
Pengaruh guru adalah salah satu hal penting bagi siswa agar bisa meningkatkan minat dan motivasi nya dalam belajar. Kurang nya motivasi dari guru dalam proses pembelajaran akan menjadikan turunnya minat belajar siswa. Sebagian besar siswa MTs Ashhabul Maimanah Sidayu Serang Banten kelas VIII yang kurang lancar dalam membaca al-Quran dan yang belum memiliki kemampuan dalam mempelajari tajwid serta makharijul huruf. Maka dari itu tugas guru khususnya mata pelajaran alQuran hadits adalah membantu siswa dan siswi agar bisa membaca al-Quran dengan benar dan lancar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penurunan minat dan motivasi belajar siswa kelas VIII terhadap mata pelajaran al-Quran hadits. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah 6 siswa, 1 guru mata pelajaran al-Quran hadist, dan 1 kepala sekolah. Teknik pengumpulan dengan mewawancarai serta mendokumentasikan beberapa hasil dari penelitian. Data yang diperoleh kemudian di bandingkan antara data hasil wawancara, observasi dan pengamatan peneliti selama observasi dan membandingkan data wawancara dengan data yang berkaitan dengan hasil.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 60% siswa kelas VIII yang memiliki minat dalam mempelajari al-Quran hadits, artinya masih terlalu banyak siswa yang belum bisa lancar dalam membaca ayat ayat al-Quran dan kurang nya minat mereka dalam menghafal pelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Siti Rozinah, S.Sos.,M.Hum |
Uncontrolled Keywords: | Penurunan Minat dan Motivasi, Al-Quran-Hadist |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id |
Date Deposited: | 10 Oct 2023 04:22 |
Last Modified: | 10 Oct 2023 04:22 |
URI: | https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/514 |