PENGARUH PERSEPSI SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS VII DI SMP ISLAM TERPADU AR-RUDHO

ya'kub, Nur Binti (2022) PENGARUH PERSEPSI SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS VII DI SMP ISLAM TERPADU AR-RUDHO. Diploma thesis, UNUSIA.

[thumbnail of NUR BINTI YAKUB-17130148.pdf] Text
NUR BINTI YAKUB-17130148.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://unusia.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pengaruh proses pembelajaran (X) terhadap hasil belajar (Y). Hipotesis yang diuji adalah terdapat pengaruh proses pembelajaran di masa pandemi Covid-19 terhadap hasil belajar siswa.

Metode penelitian yang digunakan adalah survei. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Islam Terpadu Ar-Rudho dengan pengambilan sampel penelitian sebanyak 30 siswa diambil secara acak sederhana dari 86 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen yang dikembangkan sendiri dari konstruk teori-teori yang berkaitan dengan variabel penelitian, yaitu variabel proses pembelajaran yang terdiri atas 15 butir pernyataan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dan analisis korelasi Pearson Product Moment pada taraf signifikansi α = 0,05.

Peneliti menemukan bahwa terdapat pengaruh proses pembelajaran di masa pandemi Covid-19 terhadap hasil belajar siswa dengan persamaan regresi ϒ= 38,953 + 1,249X dan thit = 2,301. Secara empirik terdapat korelasi yang positif dan tergolong rendah antara proses pembelajaran di masa pandemi Covid-19 terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas VII di SMP Islam Terpadu Ar-Rudho. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan korelasi X dengan Y sebesar 0,399. Dari hasil perhitungan koefisien determinan diketahui bahwa pengaruh proses pembelajaran di masa pandemi Covid-19 memberikan kontribusi sebesar 15,9% terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas VII di SMP Islam Terpadu Ar-Rudho

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: pembimbing : Saiful Bahri, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Proses Pembelajaran, Masa Pandemi, Hasil Belajar
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id
Date Deposited: 09 Oct 2023 09:56
Last Modified: 09 Oct 2023 09:56
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/512

Actions (login required)

View Item
View Item