Nurhadi, muhammad (2023) ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM AL-QUR’AN SURAH AL-ALAQ AYAT 1-5 MENURUT TAFSIR AL-MISBAH. Diploma thesis, UNUSIA.
Muhammad Nurhadi-18130038.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilia pendidikan Islam dalam al-Quran surah al-‘Alaq ayat 1-5 menurut tafsir al-Misbah dalam hal ini Islam sangat memperhatikan pendidikan tidak hanya untuk memperoleh ilmu pengetahuan akan tetapi juga memperhaikan pendidikan yang berawalan dari aqidah, ibadah, dan akhlak. Yang menjadi salah satu tolak ukur nilai-nilai dalam pendidikan Islam. Pendidikan Islam dalam surah al-‘alaq ayat 1-5 juga tidak hanya berbicara soal ilmu pengetahuan yang bersumber dari seorang guru tetapi dalam konteks iqra (membaca) merupakan tahap awal dalam memperolah pegetahuan.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif yaitu menjelaskan semua yang telah digali yang bersumber dari pustaka. Penelitian ini menemukan bahwa nilai-nilai pendidikan Islam dalam al-Qur’an surah al-‘Alaq ayat 1-5 ini telah mencakup 3 (tiga) nilai-nilai pendidikan Islam yaitu Aqidah, Ibadah, dan Akhlaq, akan tetapi nilai dalam pendidikan Islam dalam surah al-‘alaq ayat 1-5 menurut afsir al-Misbah tidak hanya berbicara tentang 3 (tiga) nilai pendidikan Islam di atas. Namu juga berbicara bagaimana memperoleh ilmu pengetahuan.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa nilai-nilai pendidikan Islam dalam al-Qur’an surah al-‘alaq ayat 1-5 tidak hanya berbicara tentang 3 (tiga) niali pendidikan Islam namun juga berbicara bagaimana memperoleh ilmu pengeahuan. yang merupakan dasar yang penting untuk di tanamkan dalam dunia pendidikan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : hayaturrohman, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Nilai-nilai Pendidikan Islam, Surah Al-‘alaq Ayata 1-5 |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id |
Date Deposited: | 09 Oct 2023 07:31 |
Last Modified: | 09 Oct 2023 07:31 |
URI: | https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/504 |