EVALUASI PEMBELAJARAN DALAM KITAB TA’LIM MUTA’ALLIM

Mansuro, Mansuro (2022) EVALUASI PEMBELAJARAN DALAM KITAB TA’LIM MUTA’ALLIM. Diploma thesis, UNUSIA.

[thumbnail of MANSURO-PAI18130040.pdf] Text
MANSURO-PAI18130040.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://unusia.ac.id/

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode library research (Telaah Pemikiran/Kepustakaan). Adapun data yang digunakan adalah data primer yaitu Kitab Ta'lim Muta'allim Karangan Syekh Az-Zarnuji yang di beri Syarah oleh Syaikh Ibrohim Bin Ismail, sedangkan data sekunder nya yaitu Analisis Kitab Ta'lim Muta'allim Jilid Satu Karangan KH. Abdulloh Kafabihi Mahrus, Analisis Kitab Ta'lim Muta'allim Jilid Dua Karangan Ust Nailul Huda, Ust. Muhammad Zamroni, dan Ust Hamim, Buku Zadul Muta'allim Karangan Ibnu Maulan Al Tarobani, dan Buku Terjemah Ta'lim Muta'allim Karangan Syekh Az-Zarnuji. Didalam penelitian ini penulis menggunakan teknik analisi data yaitu content analysis.

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan penelitian yaitu bagaimana konsep evaluasi pembelajaran yang terdapat didalam kitab Ta’lim Muta’allim dan apa urgensi kitab Ta’lim Muta’allim sebagai acuan dalam konsep evaluasi pembelajaran karakter.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat evaluasi pembelajaran didalam kitab Ta’lim Muta’allim yang bersifat ranah afektif adalah sebagai berikut: 1) Penerimaan (Receiving) yaitu seorang murid harus mengagungkan ilmu dan guru, 2) Responsif (Responsive) yaitu seorang murid harus memiliki sifat belas kasih terhadap orang lain, 3) Penilaian (Value) yaitu seorang murid harus berbuat baik terhadap orang lain, 4) Organisasi (Organization) yaitu seorang murid harus bisa bermasyawarah dalam segala urusan, dan 5) Karakterisasi (Characterization) yaitu seorang murid harus bisa mencegah dalam berbuat kemaksiatan serta dosa-dosa, gelisah sedih dalam urusan dunianya

Adapun urgensinya adalah sebagai acuan dalam evaluasi pembelajaran bersifat afektif dengan mengedepankan aspek moral dan pribadi sebagai inti dari tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing : Yudril Basith, M.A
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Pembelajaran, Kitab Ta’lim Muta’allim
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id
Date Deposited: 06 Oct 2023 09:18
Last Modified: 06 Oct 2023 09:18
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/498

Actions (login required)

View Item
View Item