IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS (PTMT) UNTUK MENINGKATKAN KEBERHASILAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMPN 220 JAKARTA

Izzatullatifah, Izzatullatifah (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS (PTMT) UNTUK MENINGKATKAN KEBERHASILAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMPN 220 JAKARTA. Diploma thesis, UNUSIA.

[thumbnail of IZZATULLATIFAH-18130085.pdf] Text
IZZATULLATIFAH-18130085.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://unusia.ac.id/

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 220 Jakarta dan apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam mengimplementasikan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 220 Jakarta

Untuk mencapai penulisan tersebut, penulisan ini menggunakan jenis penulisan kualitatif dengan menggambarkan permasalahan yang ada sesuai dengan data yang ditemukan di lapangan (deskriptif). Teknik pengambilan data dilakukan melalui 1) Wawancara (Interview), 2) Pengamatan (Observasi), 3) Dokumentasi. Selanjutnya analisis data dilakukan dengan 1) Analisis selama pengumpulan data yakni secara induktif dengan menggunakan analisis deskriptif. 2) Teknik keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber data.

Hasil penulisan menunjukkan bahwa, Pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) menggunakan metode pembelajaran daring dan luring. Evaluasi pembelajaran daring dilakukan dengan cara mengirim tugas kepada siswa untuk dikerjakan dirumah. Dan faktor pendukung dalam implementasi pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) pada pembelajaran PAI di SMPN 220 Jakarta adalah faktor sarana dan prasarana pembelajaran dan protokol kesehatan yang memadai, serta dukungan orang tua siswa, sedangkan faktor penghambat adalah jaringan internet yang kurang stabil saat dalam pelaksanaan pembelajaran daring, dan kurangnya dukungan orang tua/ wali murid dalam pembelajaran daring.

Pemilihan metode pembelajaran yang tepat dapat memanfaatkan pembelajaran PTMT untuk meningkatkan keberhasilan pembelajaran pada masa pandimi Covid-19, Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang melaksanakan pembelajaran jarak jauh antara pembelajaran secara tatap muka terbatas

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) Pandemi Covid�19. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id
Date Deposited: 05 Oct 2023 06:53
Last Modified: 05 Oct 2023 06:53
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/488

Actions (login required)

View Item
View Item