Rajab, Imam Abdul (2022) MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PAI NON-REGULER TERHADAP PRESTASI BELAJAR DI UNUSIA. Diploma thesis, UNUSIA.
IKHYAR FAIDZI SODIK-18.13.01.38.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui motivasi belajar mahasiswa PAI non reguler di UNUSIA dalam menggapai prestasi belajar; (2) Mengetahui kendala dan upaya yang dilakukan mahasiswa PAI non reguler dalam mengatasi kendala perkuliahan. Penelitian ini memakai metode kualitatif menggunakan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan memakai observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang dipakai dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi belajar mahasiswaa PAI non-reguler berbeda antara satu dengan yang lain, mahsiswa PAI non reguler mengalami berbagai kendala dalam menjalani perkuliahan terutama masalah waktu, setiap mahasiswa mempunyai cara tersendiri dalam mengatur waktu antara kuliah dan bekerja, prestasi belajar mahasiswa PAI non reguler tergolong bagus terlihat dari IPK yang rata-ratanya diangka 3,34. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Setiap mahasiswa non reguler memiliki motivasi tersendiri untuk berkuliah. Mahasiswa PAI non reguler termotivasi untuk belajar agar dapat menggapai presstasi belajar yang baik. Hal ini dibuktikan dengan tercapainya indikator motivasi belajar dan prestasi belajar. (2)Kendala yang dialami mahasiswa PAI non reguler selama perkuliahan adalah sulit dalam mengatur waktu, masalah keuangan dan mengatur emosi. Akan tetapi hal tersebut dapat diatasi oleh setiap mahasiswa dengan caranya sendiri-sendiri
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Mahasiswa PAI non reguler, Prestasi Belajar |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id |
Date Deposited: | 05 Oct 2023 04:28 |
Last Modified: | 05 Oct 2023 04:28 |
URI: | https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/484 |