Tawallabas, Hamza (2022) PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA DI MTS AL-WATHONIYAH 10 JAKARTA. Diploma thesis, UNUSIA.
![[thumbnail of Hamza Tawallabas-18130005.pdf]](https://repository.unusia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Hamza Tawallabas-18130005.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk kepribadian siswa di Mts Al-Wathoniyah 10 Jakarta metode yang digunakan ialah metode penelitian kualitatis yang memiliki karakteristik alami dari sumber daya observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada tiga peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk keperibadian siswa di Mts Al- Wathoniyah 10 Jakata yaitu guru sebagi pembimbing, guru sebagai teladan, guru sebagai pemberi hukuman dan ganjaran, ketiga peran ini cukup berpengaruh dalam membentuk kepribadian siswa di Mts Al-Wathoniyah 10 Jakarta.
Adapun faktor pendukung dalam membentuk kepribadian siswa di Mts Al-Wathoniyah 10 Jakarta yaitu dengan guru memberikan contoh yang baik dan berakhlak dalam sehari-hari, juga sekolah mengonsepkan kegiatan dipagi hari dengan sholat dhuha berjamaah, dan siang hari sholat dzuhur berjamaah, sehingga mampu membuat siswa mengalami kebiasaan yang dilakukan di sekolah.
Upaya guru dalam pembentukkan akhlak siswa dengan menanamkan dalam diri siswa dengan nilai-nilai agama dan budaya yang sesuai ajaran islam. Guru selalu memberikan motivasi kepada siswa agar menjadi siswa yang lebih berakhlak dan santun kepada siapapun. Peran guru selain memberikan dorongan motivasi, guru mengajak siswa melakukan aktivitas belajar di luar kelas ataupun praktek melakukan kegiatan yang menyenangkan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peranan Guru Pendidikan Agama Islam, Pembentukan Akhlak Siswa |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Anas Ahmad Anas Gozali |
Date Deposited: | 03 Oct 2023 04:19 |
Last Modified: | 03 Oct 2023 04:19 |
URI: | https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/478 |