EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA E-LEARNING BERBASIS WEBSITE PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VIII DI MTS DA’IL KHAIRAAT JAKARTA BARAT

Fernandha, Fernandha (2022) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA E-LEARNING BERBASIS WEBSITE PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VIII DI MTS DA’IL KHAIRAAT JAKARTA BARAT. Diploma thesis, UNUSIA.

[thumbnail of FERNANDHA- PAI18130011.pdf] Text
FERNANDHA- PAI18130011.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://unusia.ac.id/

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penggunaan media e-learning madrasah pada pembelajaran Fiqih kelas VIII di MTs Da’il Khairaat sebagai dampak dari adanya kebijakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang dikeluarkan oleh Kementrian Pendidikan Indonesia untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas pembelajaran menggunakan media e-learning madrasah pada mata pelajaran Fiqih dan untuk mengetahui apa saja hambatan yang dialami oleh Guru dan Siswa dalam menggunakan media e-learning madrasah

Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dengan metode observasi yaitu mengamati proses pembelajaran Fiqih menggunakan media e-learning dan mewawancarai Kepala Madrasah MTs Da’il Khairaat, Guru Fiqih kelas VIII dan beberapa siswa kelas VIII 3 Imam Syafii RA.

Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) efektivitas pembelajaran menggunakan media e-learning berbasis website dalam mata pelajaran Fiqih kelas VIII di Mts Da’il Khairaat dapat dikatakan kurang efektif karena belum sesuai dengan indikator efektivitas pembelajaran menurut Teori Slavin yaitu ada empat indikator diantaranya : mutu pengajaran, tingkat pengajaran yang tepat, intensif dan waktu. 2) hambatan yang ditemui dalam penggunaan media e-learning madrasah diantaranya kurangnya kedisiplinan dan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran membuat proses pembelajaran tidak berjalan efektif. Selain itu, ditemukan hambatan yang berasal dari luar seperti jaringan internet yang tidak stabil, terbatasanya kouta internet siswa dan tidak semua siswa memiliki handphone membuat pembelajaran berjalan kurang optimal

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Pembelajaran, Media E-learning
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id
Date Deposited: 02 Oct 2023 09:26
Last Modified: 02 Oct 2023 09:26
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/475

Actions (login required)

View Item
View Item