Fathaeyah, Fanny (2022) METODE DAN PENDEKATAN PENDIDIKAN ISLAM BEDIUZZAMAN SAID NURSI DALAM KARYANYA RISALE-I NUR (MURSYID ASY-SYABAB). Diploma thesis, UNUSIA.
Fanny Fathaeyah-18130031.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk; Pertama, mengetahui metode-pendekatan pendidikan Islam Bediuzzaman Said Nursi dalam karyanya Risale-I Nur (Mursyid asy-Syabab). Kedua, mengetahui relevansi metodologi pendidikan Islam Bediuzzaman Said Nursi dengan tujuan pendidikan Islam di Indonesia.
Metode yang digunakan adalah riset kepustakaan, menggunakan data kualitatif yang berbentuk literatur dan informasi verbal, dan menggunakan teknik analisis deskriftive analysis, dan content analysis
Pertama, Dari pembahasan metode dan pendekatan Pendidikan Islam Said Nursi, peneliti memperoleh beberapa temuan, dimana Said Nursi menggunakan 11 (sebelas) metode, yaitu; Qishah (Cerita), Mukatabah (Membuat Surat Menyurat/Tulisan), I’tibar (Mengambil Pelajaran dari Suatu Kejadian atau Kisah), Maudu’i (Membuat Tema-Tema), Tabyin (Penjelasan), Tausiyah (Memberi Nasihat), Uswah (Memberi Keteladanan), Muhadharah (Ceramah), Tamtsil (Membuat Perumpamaan), Tarbiyatun Nafs (Pendidikan Diri Sendiri), Munazarat (Debat). Dan 6 (enam) pendekatan, yaitu; Filosofis, Komparatif, Sosial-Kultural, Historis, Psikologis, Religius. Kedua, Relevansi metode-pendekatan pendidikan Islam Bediuzzaman Said Nursi dengan tujuan pendidikan Islam pada umumnya dapat dilihat dari usaha Molla Said Nursi dalam menjalankan kegiatan syiar Islam, khususnya di wilayah Turkey dan dalam dunia Islam dengan karyanya Risale-I Nur sebagai bahan ajar, dan merevitalisasi lembaga pendidikan Islam
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode, Pendekatan Pendidikan Islam, Bediuzzaman Said Nursi, Risale-I Nur (Mursyid asy-Syabab) |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id |
Date Deposited: | 02 Oct 2023 08:37 |
Last Modified: | 02 Oct 2023 08:37 |
URI: | https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/473 |