IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VIII DI MTS TERPADU DZUNNURAINI KOSAMBI KABUPATEN TANGERANG

Fahroji, Fandi (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VIII DI MTS TERPADU DZUNNURAINI KOSAMBI KABUPATEN TANGERANG. Diploma thesis, UNUSIA.

[thumbnail of Fandi Fahroji-18130176.pdf] Text
Fandi Fahroji-18130176.pdf

Download (3MB)
Official URL: https://unusia.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui kegunaan strategi pembelajaran crossword puzzle sebagai alat evaluasi belajar, daya ingat dan media pembelajaran di MTs terpadu Dzunnuraini Kosambi Kabupaten Tangerang. (2) Untuk mengetahui pembelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII di MTs terpadu Dzunnuraini Kosambi Kabupaten Tangerang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan beberapa teknik pengumpulan data, diantaranya: observasi, wawancara, dan studi dokumen. Keabsahan/validitas data ini menggunakan triagulasi, baik sumber maupun teknik. Analisis data yang digunakan yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun informan dalam penelitian ini ialah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Guru Mata Pelajaran PAI, dan Peserta Didik MTs terpadu Dzunnuraini.

Penelitian menemukan fakta bahwa: Strateg i pembelajaran Crossword Puzzle sebuah pemikiran logis serta pemecahan masalah secara umum. Tak sekedar sebagai hiburan, tetapi juga dapat mendidik siswa untuk terus menambah wawasan dan mengasah kemampuan berpikir cepat. Hal ini dibuktikan dengan Penelitian pembelajaran kelas yang dilaksanakan di kelas VIII MTs terpadu Dzunnuraini Kabupaten Tangerang. Kegunaan strategi pembelajaran Crossword Puzzle dalam kegiatan evaluasi pembelajaran bagi guru dan siswa. Untuk guru, strategi pembelajaran crossword puzzle berguna sebagai alat pengukur untuk sampai sejauh mana guru berhasil atau tidaknya di dalam memberikan materi ajar. Bagi siswa berguna untuk mengetahui sampai sejauh mana pemahamannya tentang materi ajar yang telah diberikan oleh guru. Dalam hal ini dapat dibuktikan dengan Pada pertemuan 1 dilaksanakan 2 kali pertemuan selama 80 menit. Pada pertemuan ini peneliti menerapkan pembelajaran strategi crossword puzzle dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dan Pertemuan II di laksanakan dengan 1 kali pertemuan pada tanggal 17 Mei 2022 selama 40 menit. untuk mengantisipasi pertemuan I yang belum maksimal, maka peneliti benar-benar mempersiapkan pelaksanaan pertemuan II dengan membuat rencana pembelajaran pada pembelajaran pertemuan II, sehingga kesalahan yang terjadi pada pertemuan I tidak terulang kembali.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa Strategi pembelajaran Crossword Puzzle dilaksanakan dengan pertanyaan teka-teki yang dibukukan, akan tetapi memiliki sebuah pemikiran logis serta pemecahan masalah secara umum

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Startegi Crossword Puzzle dalam Pembelajaran Akidah Akhlak
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id
Date Deposited: 02 Oct 2023 08:28
Last Modified: 02 Oct 2023 08:28
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/472

Actions (login required)

View Item
View Item