Aisah, dewi Siti (2022) PENGARUH PERSEPSI SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VIII DI MTS NEGERI 36 JAKARTA. Diploma thesis, UNUSIA.
DEWI SITI AISAH-NIM. 17130114.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah “Pengaruh persepsi siswa dalam pembelajaran daring (X) terhadap motivasi belajar siswa (Y)” pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTs Negeri 36 Jakarta. Hipotesis yang di uji adalah apakah terhadap pengaruh persepsi siswa dalam pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTs Negeri 36 Jakarta.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 36 Jakarta yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah 158 siswa. Dengan pengambilan sampel sebanyak 61 responnden.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini dari teori teori yang berkaitan dengan variabel penelitian yaitu variabel pembelajaran daring terdiri dari 15 butir soal dan motivasi belajar siswa terdiri dari 15 butir soal menggunakan skala likert. Metode yang digunakan penelitian ini adalah deskriptif dengan pengumpulan data yang dilakukan melalui penyebaran
angket.
Hasil yang didapatkan adalah terdapat pengaruh persepsi siswa dalam pembelajaran daring terhadap motivasi belajar, hal ini dapat dilihat dari nilai R square sebesar 0,330 menunjukkan bahwa persepsi siswa dalam pembelajaran daring berpengaruh 33% terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTs Negeri 36 Jakarta
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi Siswa, Pembelajaran Daring, Motivasi Belajar Siswa, Akidah Akhlak |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id |
Date Deposited: | 02 Oct 2023 07:39 |
Last Modified: | 02 Oct 2023 07:39 |
URI: | https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/467 |