UPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS KELAS VII A MTS SULTAN AGUNG NGAWEN BLORA JAWA TENGAH)

Lathifani, Arini (2022) UPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS KELAS VII A MTS SULTAN AGUNG NGAWEN BLORA JAWA TENGAH). Diploma thesis, UNUSIA.

[thumbnail of ARINI LATHIFANI-17150008.pdf] Text
ARINI LATHIFANI-17150008.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://unusia.ac.id/

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil pembelajaran daring selama pandemic Covid-19 beserta kendala-kendala yang dihadapi. Selain itu untuk mengetahui apa saja upaya guru maupun siswa dalam meningkatkan hasil belajar. Pandemi Covud-19 sangat berpengaruh terhadap aktifitas sehari-hari tak terkecuali dengan dunia pendidikan. Pembelajaran daring atau dalam jaringan menjadi alternatif agar kegiatan pembelajaran tetap berjalan sebagaimana mestinya. Akan tetapi pembelajaran daring merupakan hal yang baru bagi sebagian besar lembaga pendidikan di Indonesia. Oleh karena itu banyak kendala yang dirasakan guru maupun siswa selama melakukan pembelajaran daring yang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Lokasi penelitian bertempat di MTs Sultan Agung Kelurahan Ngawen Kecamatan Ngawen Kabupaten Blora Provinsi Jawa Tengah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi dengan jumlah informan sebanyak delapan responden yang terdiri dari satu orang kepala madrasah, satu orang guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadis dan enam orang siswa kelas VII-A. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan studi dokumentasi.

Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa kendala utama yang dirasakan oleh guru maupun siswa selama pembelajaran daring adalah jaringan yang tidak stabil. Upaya yang dilakukan guru selama pembelajaran daring adalah dengan membuat bahan ajar yang bervariasi serta melakukan komunikasi kepada siswa secara intens untuk mendiskusikan materi yang belum dipahami. Sedangkan upaya siswa untuk meningkatkan hasil belajar dengan mempersiapkan diri sebelum pembelajaran dimulai dan menanyakan perihal materi yang belum dipahami kepada guru.

Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran daring yang dilakukan di MTs Sultan Agung masih terbilang belum efektif karena dilihat dari hasil belajar siswa yang tetap sama seperti sebelumnya bahkan menurun. Sedangkan upaya guru dan siswa belum mencapai batas maksimal sehingga belum ada peningkatan dari hasil belajar siswa. Kerja sama antara guru dan siswa untuk meningkatkan hasil belajar sangatlah diperlukan, selain upaya yang dilakukan guru siswa juga harus berusaha maksimal untuk mencapai hasil belajar yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Upaya, Hasil Belajar, Pembelajaran daring
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id
Date Deposited: 27 Sep 2023 07:33
Last Modified: 27 Sep 2023 07:33
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/458

Actions (login required)

View Item
View Item