PENGARUH PARTISIPASI SISWA DALAM PENDIDIKAN ISLAM NONFORMAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII DI SMP AL-AQSYAR ISLAMIC SCHOOL

Rahayu, Anita sri (2022) PENGARUH PARTISIPASI SISWA DALAM PENDIDIKAN ISLAM NONFORMAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII DI SMP AL-AQSYAR ISLAMIC SCHOOL. Diploma thesis, UNUSIA.

[thumbnail of ANITA SRI RAHAYU-PAI18130179.pdf] Text
ANITA SRI RAHAYU-PAI18130179.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://unusia.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh partisipasi siswa dalam pendidikan Islam nonformal (X) terhadap prestasi belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam (Y). Hipotesis yang diuji adalah: (1) Terdapat pengaruh partisipasi siswa dalam lembaga pendidikan agama Islam nonformal terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam. (2) Tidak terdapat pengaruh yang berarti partisipasi siswa dalam lembaga pendidikan agama Islam nonformal terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan metode pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner dan dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Al-Aqsyar Islamic School sebagai populasi terget dan siswa yang berpartisipasi dalam pendidikan Islam nonformal sebagai populasi terjangkau. Pengambilan sampel penelitian ini sebanyak 25 siswa dengan teknik purposive sampling terhadap populasi terjangkau. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini merupakan instrumen yang dibuat dan dikembangkan sendiri oleh peneliti
dari definisi opersional yang berkaitan dengan variabel penelitian, terdiri dari 14 butir pernyataan dengan lima opsi jawaban skala likert.

Penelitian ini mengemukakan bahwa, Tidak terdapat pengaruh partisipasi siswa dalam lembaga pendidikan agama Islam nonformal terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam yang bersifat positif dengan persamaan regresi ,signifikansi koefisien korelasinya sebesar 0,326 dan koefisien determinasi 0,48% dengan taraf signifikansi 0,05.

Besarnya nilai ttabel untuk taraf signifikan 5% db = 23 (db = N-2 untuk N = 25 ) yaitu 2,068, Hasil thitung diperoleh berdasarkan perhitungan diatas yaitu sebesar 0,553. Jika thitung lebih besar dari ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dari hasil perhitungan thitung sebesar 0,326. Jika dibandingkan dengan ttabel db = 23 yaitu (2,068) taraf signifikasi 5% , jadi thitung < ttabel maka Ha ditolak dan Ho diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi siswa, pendidikan Islam Nonformal, Prestasi Belajar
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id
Date Deposited: 27 Sep 2023 07:14
Last Modified: 27 Sep 2023 07:14
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/456

Actions (login required)

View Item
View Item