STRATEGI GURU MAJLIS TA’LIM DALAM MEMBENTUK KARAKTER REMAJA ISLAM, STUDI KASUS : MAJLIS TA’LIM SYAHIDATULLAH RAWA MELATI TEGAL ALUR KALIDERES JAKARTA BARAT

Wasi, Anisa Asmaul (2022) STRATEGI GURU MAJLIS TA’LIM DALAM MEMBENTUK KARAKTER REMAJA ISLAM, STUDI KASUS : MAJLIS TA’LIM SYAHIDATULLAH RAWA MELATI TEGAL ALUR KALIDERES JAKARTA BARAT. Diploma thesis, UNUSIA.

[thumbnail of ANISA ASMAUL WASI-18.13.00.77.pdf] Text
ANISA ASMAUL WASI-18.13.00.77.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://unusia.ac.id/

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui strategi Guru Majlis ta’lim dalam Pelaksanaan pembelajaran dan pembentukan karakter Remaja yang berakhlakul karimah Di Majlis ta’lim Syahidatullah Rawa Melati, peran Majlis ta’lim sebagai wadah dalam membentuk karakter remaja yang berakhlakul karimah, serta cara Guru dalam menyesuaikan metode yang digunakan untuk menyampaikan pembelajaran nilai-nilai keislaman.

Metode penelitian yang dilakukan adalah kualitatif dengan pendekatan penelitian Studi kasus. Objek penelitian ini yaitu Remaja Majlis ta’lim Syahidatullah Rawa melati Tegal alur Kalideres Jakarta barat. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen yang dikembangkan sendiri dari konstruk teori-teori yang berkaitan dengan variabel penelitian, yaitu Strategi Guru Majlis ta’lim dan Pembentukan karakter remaja islam.

Penelitian menemukan bahwa, Strategi yang digunakan Guru Majlis ta’lim Syahidatullah saat memberikan pembelajaran untuk Remaja Majlis ta’lim Guru menggunakan metode penyampaian yang sesuai dengan materi yang disampaikan, adapun metode yang dipakai diantaranya: Metode ceramah, metode tanya jawab, metode diskusi, metode demonstrasi, dan metode tutorial atau bimbingan. Terdapat peran Majlis ta’lim Syahidatullah dalam membentuk karakter Remaja islam yaitu sebagai wadah yang digunakan oleh para Remaja di Rawa melati untuk menuntut ilmu agama.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi Guru dalam menyampaikan pembelajaran guna membentuk karakter remaja islam tidak hanya melalui pembelajaran di Majlis ta’lim. Guru juga dapat memberikan pembelajaran melalui pengalaman yang terjadi di kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Majlis ta’lim, Pembentukan karakter
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id
Date Deposited: 27 Sep 2023 04:52
Last Modified: 27 Sep 2023 04:52
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/452

Actions (login required)

View Item
View Item