IMPLEMENTASI KURIKULUM KULLIYATUL MU’ALLIMIN AL-ISLAMIYAH (KMI) DI PONDOK PESANTREN DARUL MUZARI’IN AL-ISLAMIYAH PANDEGLANG BANTEN

Islamiyati, Aliffah Nur (2023) IMPLEMENTASI KURIKULUM KULLIYATUL MU’ALLIMIN AL-ISLAMIYAH (KMI) DI PONDOK PESANTREN DARUL MUZARI’IN AL-ISLAMIYAH PANDEGLANG BANTEN. Diploma thesis, UNUSIA.

[thumbnail of ALIFFAH NUR-18130125.pdf] Text
ALIFFAH NUR-18130125.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://unusia.ac.id/

Abstract

Penelitian ini membahas implementasi kurikulum kulliyatul mu’allimin al-Islamiyah (KMI) di Pondok Pesantren Darul Muzari’in Al-Islamiyah Pandeglang Banten. Tujuan penelitian ini adalah: Pertama, untuk Untuk mengetahui penerapan kurikulum Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI) di Pondok Pesantren Darul Muzari’in Al-Islamiyah; Kedua, Untuk mengetahui evaluasi kurikulum Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI) di Pondok Pesantren Darul Muzari’in Al-Islamiyah.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Maka kehadiran peneliti di lapangan sangat penting. Peneliti bertindak langsung dalam mengumpulkan data hasil observasi. Data yang berupa kata-kata diperoleh dari informan, sedangkan data tambahan berupa dokumentasi.

Penelitian ini menyimpulkan penerapan kurikulum KMI di Pondok Pesantren Darul Muzari’in Al-Islamiyah di dasarkan dengan visi dan misi pondok pesantren, yaitu kurikulum hidup dan seluruh proses pembelajaran di laksanakan di pondok pesantren sehingga peserta didik lebih mampu mengetahui apa yang telah dilihat dan mengamalkan apa yang telah di pelajari di dalam kehidupan sehari-hari dan evaluasi yang di laksanakan dalam penerapan kurikulum KMI terbagi menjadi 3 tahap yaitu ujian lisan, ujian tulis dan praktik mengajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kurikulum, KMI
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id
Date Deposited: 26 Sep 2023 09:33
Last Modified: 26 Sep 2023 09:34
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/448

Actions (login required)

View Item
View Item