KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM AL-QUR’AN (STUDI PEMIKIRAN HAMKA DALAM TASIR AL-AZHAR)

Utami, Ajeng Anggi (2022) KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM AL-QUR’AN (STUDI PEMIKIRAN HAMKA DALAM TASIR AL-AZHAR). Diploma thesis, UNUSIA.

[thumbnail of AJENG ANGGI UTAMI-17130081.pdf] Text
AJENG ANGGI UTAMI-17130081.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://unusia.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan Islam berdasarkan pemikiran Hamka yang diambil dari penjelasan Tafsir Al-Azhar pada ayat-ayat Al-Qur’an yang membahas tentang pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian pustaka (library research), yaitu jenis penelitian yang sumber datanya diperoleh dari data-data tertulis berupa buku, jurnal, ataupun literatur yang relevan dengan penelitian. Adapun cara yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan mengkaji buku karya Hamka sebagai data primer dan menganalisa buku lainnya yang membahas tentang pemikiran Hamka sebagai data sekunder, hingga kemudian mendapatkan kesimpulan.

Hasil dari penelitian ini adalah terdapat ayat-ayat Al-Qur’an mengenai pendidikan, diantaranya yaitu surat Ar-Rahman ayat 1-4, An-Najm ayat 5-6, dan An-Nahl ayat 43-44 yang membahas tentang subjek pendidikan. Selanjutnya surat At-Tahrim ayat 6, As-Syua’ara ayat 214, dan An-Nisa ayat 170 yang membahas tentang objek pendidikan. Kemudian surat Luqman ayat 13-17 yang membahas tentang materi pendidikan. Serta surat An-Nahl ayat 125, Az-Zumar ayat 27, dan Yusuf ayat 111 yang membahas tentang metode pendidikan.

Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa menurut Hamka konsep pendidikan Islam tidak terlepas dari tujuan pendidikan, yaitu untuk mencari keridhaan Allah SWT dan membangun budi pekerti agar senantiasa berakhlak mulia. Untuk mencapai tujuan tersebut, diperlukan adanya faktor-faktor pendukung, diantaranya yaitu pendidik, peserta didik, materi pendidikan dan metode pendidikan. Pendidik adalah seseorang yang memberikan bimbingan kepada peserta didik, yakni guru dan orang tua. Kemudian materi pendidikan yang diajarkan adalah ilmu agama, ilmu umum, keterampilan, dan kesenian. Sedangkan metode pendidikan yang digunakan adalah metode ceramah, keteladanan, diskusi, kisah, perumpamaan, penugasan dan karya wisata.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Al-Quran, Hamka
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id
Date Deposited: 26 Sep 2023 09:21
Last Modified: 26 Sep 2023 09:21
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/446

Actions (login required)

View Item
View Item