PENERAPAN METODE DISKUSI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMA PGRI095 PASARKEMIS TANGERANG

Zaky, Ahmad (2023) PENERAPAN METODE DISKUSI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMA PGRI095 PASARKEMIS TANGERANG. Diploma thesis, UNUSIA.

[thumbnail of AHMADZAKY-17.13.00.25.pdf] Text
AHMADZAKY-17.13.00.25.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://unusia.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan dilaksanakan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode diskusi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam menerapkan metode diskusi pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA PGRI 095 Pasar Kemis�Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari

penelitian yang dilakukan adalah Persiapan yang dilakukan sebelum pelaksanaan metode diskusidiantaranya, yakni: membuat perangkat pembelajaran, memahami kompetensi inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, dan proses pembelajaran, menguasai materi, interaksi aktif antara guru dan siswa, penyerdehanaan materi, bahan ajar, membuat tolak ukur penilaian, serta mempersiapkan kondisi kelas. Pelaksanaan metode diskusi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA PGRI 095 Pasar Kemis, telah terlaksana sesuai dengan langkah- langkah metode diskusi, yakni: merumuskan tujuan dan masalah yang akan dijadikan topik diskusi, menyiapkan sarana dan prasarana yang diperlukan untuk diskusi, menyusun peranan-peranan peserta didik dalam diskusi sesuai dengan jenis diskusi yang akan dilakukan, memberi pengarahan kepada peserta didik secukupnya agar melibatkan diri secara aktif dalam kegiatan diskusi, menciptakan suasana yang kondusif sehingga peserta didik dapat mengemukakan pendapat secara bebas untuk memecahkan masalah yang didiskusikan, memberi kesempatan kepada peserta didik secara merata agar diskusi tidak didominasi oleh beberapa orang saja, menyesuaikan penyelenggaraan diskusi dengan waktu yang tersedia, sadar akan peranan guru dalam diskusi, baik sebagai fasilitator, pengawas, pembimbing, maupun sebagai evaluator jalannya diskusi, dan mengakhiri diskusi dengan mengambil kesimpulan dari apa- apa yang telah dibicarakan. Faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan metode diskusi diantaranya, yakni: minat belajar, sarana dan prasarana, serta keikhlasan dan niat bakti serta adanya aturan diskusi. Sedangkan faktor- faktor penghambat dalam pelaksanaan metode diskusi diantaranya, yakni karakter siswa, media sosial dan kurangnya dukungan orang tua

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Diskusi, Motivasi Belajar
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id
Date Deposited: 26 Sep 2023 07:00
Last Modified: 26 Sep 2023 07:00
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/443

Actions (login required)

View Item
View Item