Widya, Widya (2021) PROBLEMATIKA METODE PEMBELAJARAN DARING MELALUI MEDIA WHATSAPP DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMP YANURI. Diploma thesis, UNUSIA.
Widya-15130129.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi faktual pada masa pandemi covid-19 yang menyebabkan ditetapkannya peraturan Belajar Dari Rumah (BDR) sehingga proses pembelajaran dilakukan dalam jaringan (daring). Namun infrastruktur pada bidang pendidikan yang belum memadai menjadikan guru dan sekolah masing-masing melakukan caranya untuk menentukan proses pelaksanaan pembelajaran daring.
Pada pembelajaran daring mata pelajaran PAI di SMP Yanuri menggunakan media WhatsApp untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan belajar mengajar pada saat menggunakan metode pembelajaran daring melalui media WhatsApp pada pembelajaran PAI di SMP Yanuri serta untuk mengetahui masalah-masalah yang di alami dalam pembelajaran daring melalui media WhatsApp dalam pembelajaran PAI di SMP Yanuri.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah guru PAI yaitu Risti Rizqiyyatu
Ridwan S.Pd.I dan beberapa siswa kelas 8 di SMP Yanuri.
Penelitian ini menemukan bahwa, (1) Pelaksanaan metode pembelajaran daring melalui media WhatsApp pada pembelajaran PAI di SMP Yanuri diterapkan dengan hal-hal berikut: a. Menyiapkan perencanaan yaitu perangkat pembelajaran darurat covid-19; b. Pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan pada fitur WhatsApp Grup mulai dari absensi siswa dengan mengetik nama di daftar kehadiran pada fitur chat WhatsApp Grup, Guru membuka pembelajaran dengan salam dan doa , kemudian guru menyampaikan judul, materi pembelajaran, soal pretes, kemudian menutup pembelajaran denga motivasi dan salam; c. Penilaian oleh guru berupa penilaian afektif yang diperoleh dari kedisipilinan dan tanggung jawab siswa selama pembelajara daring serta penilaian kognitif yang diperoleh dari hasil penilaian pengetahuan, keterampilan, PTS, dan PAS siswa. (2) Problematika saat melaksanakan pembelajaran daring melalui media WhatsApp pada pembelajaran PAI di SMP Yanuri terbagi menjadi dua faktor, yaitu faktor internal seperti : tidak stabilnya jaringan internet, penggunaan kuota internet pada WhatsApp, sulitnya konsentrasi belajar,kurangnya resolusi gambar pada pengiriman WhatsApp, terbatasnya pemberian materi pada Chat WhatsApp, terbatasnya durasi waktu pada video WhatsAppwaktu pembelajaran menjadi tidak memiliki batas, penilaian yang tidak akurat, dan penuhnya ruang penyimpanan ponsel; dan faktor eksternal seperti : rendahnya kemampuan ilmu teknologi digital khususnya pada WhatsApp bagi guru dan siswa, serta sulitnya menerapkan komunikasi interaktif
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problematika Metode Daring, Media Whatsapp, Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id |
Date Deposited: | 25 Sep 2023 09:51 |
Last Modified: | 25 Sep 2023 09:51 |
URI: | https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/436 |