hidayatullah, Syarif (2021) IMPLEMENTASI METODE MUROJA’AH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN BAGI SANTRI TAHFIDZU-L-QUR’AN AN–NAWA INDONESIA JAKARTA. Diploma thesis, UNUSIA.
SYARIF HIDAYATULLAH-16130196.pdf
Download (2MB)
Abstract
Skripsi ini dilatar belakangi oleh kurangnya dalam menjaga hapalan Al-Qur’an dan kelancaran dalam menghafal Al-Qur’an. Penyebab terdapat kekurangan ini diantaranya, pertama rasa malas dan jenuh yang dialami santri dalam menghapal dan menjaga hapalan, kedua masih ada santri yang lambat dalam menghapal, Ketiga masih adanya santri yang tidak mematuhi aturan. Penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif yang dilihat melalui sudut pandang pendidikan, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menemukan bahwa implementasi metode muraja’ah dalam meningkatkan kemampuan santri dilaksanakan dengan memberikan motivasi agar semangat dan meluruskan niat dalam menghapal Al-Qur’an, membimbing santri dalam menghapal dengan memperbaiki bacaan, kelancaran dan tartil, serta menerapkan metode muraja’ah dengan tasmi’ partner muraja’ah dan muraja’ah wajib ba’da subuh serta taddabur Al-Qur’an 1 juz. Faktor pendukung dalam meningkatkan kemampuan menghapal santri pertama, memotivasi diri sendiri, kedua, kondisi lingkungan dan ketiga, pergaulan. Sedangkan faktor penghambatnya adalah rasa malas dan jenuh, serta adanya kecerdasan yang berbeda dari para santri.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Metode muraja’ah |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id |
Date Deposited: | 25 Sep 2023 04:37 |
Last Modified: | 25 Sep 2023 04:37 |
URI: | https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/428 |