PENGARUH METODE TIKRAR TERHADAP PENINGKATAN MENGHAFAL AL-QUR‟AN PADA MATA PELAJARAN TAHFIDZ QUR‟AN DI SMP IT ASSA‟ADAH LI NAHDLATIL „ULAMA KOTA TANGERANG

Sundariah, Siti (2021) PENGARUH METODE TIKRAR TERHADAP PENINGKATAN MENGHAFAL AL-QUR‟AN PADA MATA PELAJARAN TAHFIDZ QUR‟AN DI SMP IT ASSA‟ADAH LI NAHDLATIL „ULAMA KOTA TANGERANG. Diploma thesis, UNUSIA.

[thumbnail of Siti Sundariah-15130166.pdf] Text
Siti Sundariah-15130166.pdf

Download (5MB)
Official URL: https://unusia.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Tikrar terhadap peningkatan menghafal al-Qur‟an Pada Mata Pelajaran Tahfidz Qur‟an di SMP IT Assa‟adah Li Nahdlatil „Ulama Kota Tangerang. Penelitian ini
meggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan teknik analisis regresi linear sederhana. Pengambilan sempel dalam penelitian ini berjumlah 38 orang yang diambil menggunakan propotionate startified random sampling siswa kelas VIIA, VIIB, VIIIA, VIIIB dan IX di SMP IT Assa‟adah Li Nahdlatil „Ulama Kota Tangerang dengan pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner.

Penelitian ini menunjukan tingkat metode Tikrar terdapat 26 Siswa (68,4%) dari 38 siswa yang berada dalam kategori tinggi dan peningkatan menghafal al-Qur‟an terdapat 22 siswa (57,9%) dari 38 siswa yang berada dalam kategori tinggi.

Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan Metode Tikrar berpengaruh signifikan dan positif terhadap peningkatan menghafal al-Qur‟an. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji regresi linear sederhana menggunakan
software yaitu nilai sig. 0,00 < 0,05 dan nilai thitung > ttabel (4,482 > 1,688).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: metode Tikrar, peningkatan menghafal al-Qur‟an
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id
Date Deposited: 25 Sep 2023 03:53
Last Modified: 25 Sep 2023 03:53
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/424

Actions (login required)

View Item
View Item