puadah, Siti (2021) PEMBENTUKAN SIKAP DISIPLIN SANTRI MELALUI PEMBIASAAN SHALAT AWAL WAKTU (STUDI KASUS: SANTRI PONDOK PESANTREN Al-HUDA JATILUHUR PURWAKARTA). Diploma thesis, UNUSIA.
Siti Puadah - 131516014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Skripsi ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan terkait pembiasaan shalat awal waktu dalam membentuk sikap disiplin santri di Pondok Pesantren Al-Huda Jatiluhur Purwakarta. Metode yang digunakan dala penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, karena untuk mendapatkan data yang mendalam dan mengandung makna. Penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau data yang didapat dari wawancara, serta pengamatan ke tempat lokasi secara langsung sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya.
Penelitan ini menghasilkan kesimpulan bahwa proses pembentukan sikap disiplin santri melalui pembiasaan shalat awal waktu di Pondok Pesantren Al-Huda Jatiluhur Purwakarta adalah dengan menggunakan acuan tata tertib yang dimiliki oleh Pondok terkait kewajiban santri dalam melaksanakan sholat fardhu dan wirid/zikir berjama'ah di masjid pada waktu yang telah ditetapkan. Selain itu, Pondok juga memiliki punishment atau sanksi bagi santri yang melanggar peraturan atau tidak disiplin dalam melakukan pembiasaan di Pondok, sehingga hal ini menyebabkan santri menjadi terbiasa untuk melaksanakan shalat di awal waktu yang demikian dapat membentuk sikap disiplin dalam diri santri.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Shalat awal waktu, Disiplin |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id |
Date Deposited: | 25 Sep 2023 03:32 |
Last Modified: | 25 Sep 2023 03:32 |
URI: | https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/421 |