MODEL PEMBELAJARAN EDUTAINMENT BERBASIS PAIKEM DALAM MENANAMKAN MINAT BELAJAR AL-QUR’AN PADA ANAK DI MAJLIS TA’LIM BANATUL’AINI TANAH SEREAL,TAMBORA, JAKARTA BARAT

Nurhalimatusa'adah, Siti (2021) MODEL PEMBELAJARAN EDUTAINMENT BERBASIS PAIKEM DALAM MENANAMKAN MINAT BELAJAR AL-QUR’AN PADA ANAK DI MAJLIS TA’LIM BANATUL’AINI TANAH SEREAL,TAMBORA, JAKARTA BARAT. Diploma thesis, UNUSIA.

[thumbnail of SITI NURCHALIMATUSA’ADAH -15130010.pdf] Text
SITI NURCHALIMATUSA’ADAH -15130010.pdf

Download (16MB)
Official URL: https://unusia.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa model pembelajaran edutaiment berbasis paikem dalam menanamkan minat belajar Al�Qur’an pada anak di majlis ta’lim banatul aini.

Jenis penelitian ini menggunakan metode analisa deskriptif,. Analisa deskriptif-kualitatif adalah upaya peneliti dalam menggambarkan fenomena yang terjadi di lapangan melalui rangkaian kata-kata (deskrisi-naratif), fenomena yang diteliti dalam konteks ini adalah model pembelajaran edutaiment berbasis paikem dalam pembelajaran Al-Qur’an dan bagaimana minat anak dalam belajar Al-Qur’an dengan menggunakan model pembelajaran tersebut yang terbilang baru bagi anak-anak yang selama ini menggunakan metode klasikal.

Hasil penelitian model pembelajaran edutainment berbasis PAIKEM dalam menanamkan minat belajar Al-Qur’an pada Anak di Majelis Ta’lim Banatul’aini sudah berjalan dengan baik yang mana Model pembelajaran edutainment berbasis PAIKEM sangat bagus dalam menanamkan minat belajar Al-Qur’an peserta didik, dimana dengan menggunakan media berbasis PAIKEM sangat membantu peserta didik dalam proses belajar yang membuat peserta didik dalam belajar menjadi aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Minat Belajar Al-Qur’an Anak di Majelis Ta’lim Banatul’aini Dengan Model Pembelajaran Edutainment Berbasis PAIKEM penerapan edutainment berbasis PAIKEM sangat membantu para peserta didik dalam proses belajar dan mengajar. Dengan menggunakan media kartu peserta didik menjadi lebih semangat dalam mengikuti proses belajar Al-quran. Minat belajar Al-Qur’an peserta didik menjadi meningkat bahkan dijadikannya sebagai permainan yang bisa menjadikan manfaat dan dampak positif bagi diri mereka masing-masing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Edutainment, PAIKEM, Minat Belajar
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id
Date Deposited: 25 Sep 2023 03:26
Last Modified: 25 Sep 2023 03:26
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/420

Actions (login required)

View Item
View Item