Navilah, Siti Nur (2020) PENGARUH KEGIATAN MENTORING TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VIII A SMP SMART EKSELENSIA PARUNG BOGOR. Diploma thesis, UNUSIA.
Siti Nur Navilah - 14130170.pdf
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan menelaah pengaruh kegiatan mentoring (X) terhadap prestasi belajar siswa (Y). Hipotesis yang diuji adalah : terdapat pengaruh yang baik antara kegiatan mentoring terhadap prestasi belajar PAI siswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah kolerasional kuantitatif. Populasi penelitian adalah anggota siswa SMP kegiatan mentoring di SMP Smart Ekselensia Parung Bogor. Pengumpulan data variabel X yang diperoleh melalui penyebaran angket sebanyak 15 soal tentang kegiatan mentoring dan variabel Y prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa kelas VIII A SMP Smart Ekselensia Parung Bogor, yang diperoleh dari wawancara.
Analisa data kegiatan mentoring dilakukan melalui Distribusi Frekuensi, sedangkan mencari pengaruh kegiatan mentoring terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam (PAI) siswa kelas VIII A SMP Smart Ekselensia Parung Bogor menggunakan analisa statistik dengan rumus “Kolerasi Product Moment”.
Kesimpulan hasil penelitian : (1) Dari segi Prestasi Belajar siswa kelas VIII A SMP Smart Ekselensia Parung Bogor pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dapat dikatakan Baik. Hal ini terlihat dari rata-rata nilai siswa yang menunjukan nilai 84,85. (2) kegiatan mentoring siswa kelas VIII A SMP Smart Ekselensia Parung Bogor sudah berjalan dengan cukup baik, dengan jawaban terbanyak adalah jawaban “C “ yaitu dengan rata-rata presentase 32,66%. (3) dari hasil yang diperoleh angka indeks kolerasi sebesar 0,219, kemudian angka ini diinterpretasikan pada tabel interpretasi nilai “r”, yaitu terletak diantara 0,20 sampai dengan 0,40 sehingga dapat dikatakan bahwa pengaruh kegiatan mentoring terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas VIII A di SMP Smart Ekselensia Parung Bogor memiliki pengaruh/kolerasi yang rendah atau lemah, dengan demikian dapat diartikan bahwa Hipotesis alternatif (Ha) diterima dan Hipotesis nol (Ho) ditolak
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prestasi belajar, Monitoring |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id |
Date Deposited: | 22 Sep 2023 08:22 |
Last Modified: | 22 Sep 2023 08:22 |
URI: | https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/417 |