PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VIII DI MTS BAHRUL ULUM

Rohaniyah, Rohaniyah (2021) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VIII DI MTS BAHRUL ULUM. Diploma thesis, UNUSIA.

[thumbnail of ROHANIYAH-16130065.pdf] Text
ROHANIYAH-16130065.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://unusia.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTs Bahrul Ulum Bojong Gede Bogor.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Bahrul Ulum Bojong Gede, Bogor. Yaitu 344 siswa. Dengan pengambilan sampel penelitian sebanyak 83 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen yang dikembangkan sendiri dari konstruk teori-teori yang berkaitan dengan variabel penelitian, yaitu variabel kompetensi pedagogik guru SKI sebanyak 25 butir pernyataan dan variabel hasil belajar diperoleh dari nilai rapot kelas delapan semester genap tahun 2020/2021.

Penelitian menemukan bahwa, Terdapat pengaruh langsung antara kompetensi pedagogik guru sejarah kebudayaan islam (SKI) dengan hasil belajar peserta didik dengan persaman regresi Y = Y: 78,725 + 0,025 X. Nilai b pada uji regresi menunjuknya 0,025 positif. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh kompetensi pedagogik guru SKI terhadap hasil belajar siswa sebesar 2,5%. Dan sisanya 97,5% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa kompetensi pedagogik guru SKI di MTs Bahrul Ulum masuk pada kategori sedang yaitu sebesar 81,7%. Dan hasil belajar siswa masuk pada kategori sedang yaitu 90,2%. Hasil ini dapat ditingkatkan melalui upaya peningkatan kompetensi pedagogik guru SKI. Hal ini dapat terwujud jika guru dan siswa saling bekerja sama yaitu guru meningakatkan kompetensinya sebagai guru dan siswa aktif dalam mengikuti pembelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik Guru, Hasil Belajar
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id
Date Deposited: 22 Sep 2023 04:15
Last Modified: 22 Sep 2023 04:15
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/412

Actions (login required)

View Item
View Item