IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KURIKULUM KONDISI KHUSUS PANDEMI COVID-19 PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 BANGKINANG

Silvia, Rizka (2021) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KURIKULUM KONDISI KHUSUS PANDEMI COVID-19 PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 BANGKINANG. Diploma thesis, UNUSIA.

[thumbnail of RIZKA SILVIA-16130046.pdf] Text
RIZKA SILVIA-16130046.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://unusia.ac.id/

Abstract

Kurikulum darurat merupakan kurikulum dalam kondisi khusus pandemi covid-19 yang disiapkan oleh Kemendikbud sebagai kurikulum yang disederhanakan dari kurikulum nasional. Pelaksanaan kurikulum pada kondisi khusus bertujuan untuk memberikan fleksibilitas bagi satuan pendidikan untuk menentukan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran peserta didik.

Satuan pendidikan pada kondisi khusus dalam pelaksanaan pembelajaran dapat 1) tetap mengacu pada Kurikulum Nasional; 2) menggunakan kurikulum darurat; atau 3) melakukan penyederhanaan kurikulum secara mandiri. Karena hal tersebut, penulis melakukan penulisan kebijakan di SMP Negeri 2 Bangkinang dengan judul Implementasi kebijakan kurikulum kondisi khusus pandemi covid-19 pada pembelajaran pendidikan agama Islam

Adapun tujuan penulisan ini adalah mengetahui 1) perencanaan implementasi kebijakan kurikulum kondisi khusus pandemi covid-19 pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 2 Bangkinang. 2) Pelaksanaan implementasi kebijakan kurikulum kondisi khusus pandemi covid-19 pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 2 Bangkinang. 3) Faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi kebijakan kurikulum kondisi khusus pandemi covid-19 pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 2 Bangkinang.

Untuk mencapai penulisan tersebut, penulisan ini menggunakan jenis penulisan kualitatif dengan menggambarkan permasalahan yang ada sesuai dengan data yang ditemukan di lapangan (deskriptif). Teknik pengambilan data dilakukan melalui 1) Wawancara (Interview), 2) Pengamatan (Observasi), 3) Dokumentasi. Selanjutnya analisis data dilakukan dengan 1) Analisis selama pengumpulan data yakni secara induktif dengan menggunakan analisis deskriptif. 2) Teknik keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber data.

Hasil penulisan menunjukkan bahwa, 1) Perencanaan implementasi kurikulum kondisi khusus di SMP Negeri 2 Bangkinang menggunakan opsi kurikulum dengan KI dan KD yang sudah disederhanakan. Guru membuat perencanaan pembelajaran dengan mengacu kepada dokumen 1 kurikulum kondisi khusus. 2) Pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode pembelajaran daring dan luring. Evaluasi pembelajaran daring dilakukan dengan cara mengirim tugas kepada siswa untuk dikerjakan dirumah. 3) Faktor pendukung dalam implementasi kurikulum kondisi khusus pada pembelajaran PAI di SMP Negeri 2 Bangkinang adalah faktor pembiayaan yang mengalokasikan pulsa paket internert pada guru dan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran daring, sarana dan prasarana protokol kesehatan yang memadai, serta dukungan orang tua siswa, sedangkan faktor penghambat adalah kurang kreatifnya guru dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran daring, serta rawan plagiarism dalam hal penilaian pembelajaran daring, adanya siswa yang kurang disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam pembelajaran luring/tatap muka

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Kondisi Khusus Pandemi Covid-19. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id
Date Deposited: 22 Sep 2023 04:08
Last Modified: 22 Sep 2023 04:08
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/411

Actions (login required)

View Item
View Item