Apipah, Nyimas (2021) PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN DALAM MENGHADAPI NEW NORMAL : KEBIJAKAN DAN PROSES PENDIDIKAN PESANTREN DIMASA PANDEMI COVID 19 (STUDY KASUS PONDOK PESANTREN AL-HUSNA AL-HIKAMUSSALA FIYAH CIPULUS PURWAKARTA). Diploma thesis, UNUSIA.
Nyimas Apipah-131516012.pdf
Download (677kB)
Abstract
Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran dimasa pandemi covid-19 dan new normal dimana sejak adanya pandemi kegiatan pembelajaran baik di sekolah maupun di pesantren harus diliburkan. Serta mengetahui kendala apa saja yang dihadapi pesantren, kemudian peluang serta regulasi/kebijakan apa saja yang diambil pesantren dalam menghadapi pembelajaran dimasa pandemi dan new normal.
Penelitian yang dilakukan penulis ini adalah termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Dengan teknik pengumpula data. Penulis menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau dari lisan orang, dan pengamatan ke tempat lokasi secara langsung, sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya.
Hasil penelitian di pondok pesantren Al-Husna Al-Hikamussalafiyah Cipulus bahwa proses pembelajaran yang dilaksanakan pada masa pandemi dan new normal adalah dengan mengedepankan protokol kesehatan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah dan pesantren. Adapun faktor pendukung terlaksananya pendidikan di pesantren adalah adanya kerja sama yang baik antara santri dan pengurus pesantren serrta orang tua dalam menerapkan protokol kesehatan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan, Pembelajaran Pesantren, Pandemi covid-19, New Normal |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id |
Date Deposited: | 21 Sep 2023 08:15 |
Last Modified: | 21 Sep 2023 08:15 |
URI: | https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/405 |