Nuryati, Nuryati (2021) PERAN ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS) DALAM PENYEMPURNAAN PELAKSANAAN PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI MTs AL-FALAH GUNUNGSINDUR BOGOR. Diploma thesis, UNUSIA.
Nuryati-16130140.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah peran organisasi intra sekola (OSIS) (X), dalam pembinaan akhlak siswa di MTs Al-Falah (Y). Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat pada era global saat ini terasa sekali pengaruhnya dalam kehidupan masyarakat. Melihat fenomena yang ada sekarang banyak ditemukan tingkah laku remaja yang bertentangan dengan norma-norma ajaran agama Islam. Fenomena dampak negatif kemajuan teknologi begitu nyata, diperlukan upaya pertahanan diri dan lingkungan. Salah satu upaya pertahanan tersebut adalah memperkuat karakter melalui proses pendidikan yang mampu membimbing dan mengarahkan mereka agar segala tingkah laku sesuai dengan ajaran agama Islam. Madrasah tsanawiyyah merupakan jenjang pendidikan yang diharapkan mampu memberi peran pembentukan akhlak siswa.
Penyimpangan moral yang terjadi di kalangan remaja saat ini bukanlah merupakan hal yang asing lagi terdengar, seperti tawuran, perkelahian dan pergaulan bebas menjadi bukti gambaran merosotnya akhlak. Organisasi intra sekolah (OSIS) diharapkan membantu guru dan pihak sekolah dalam melakukan pembinaan akhlak siswa menjadi lebih baik atau berakhlakul karimah.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di Mts Al-Falah, Kecamatan Gunungsindur, Kabupaten Bogor. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan jumlah informan sebanyak lima responden yaitu kepala sekolah, guru pembina osis, ketua osis, anggota osis dan peserta didik non osis.
Peneitian ini menemukan bahwa madrasah tsanawiyah Al-Falah merupakan sekolah islam yang cukup baik dalam memberikan bimbingan dan arahan kepada siswa nya untuk berakhlakulkarimah, namun masih ada beberapa siswa yang belum sadar dan membiasakan diri untuk berakhlak baik. Organisasi intra sekolah(OSIS) di madrasah ini sudah cukup membantu dalam upaya pembinaan akhlak siswa, namun pada prosesnya masih ada beberapa faktor-faktor yang menghambat pembinaan akhlak siswa di madrasatsnawiyah Al-Falah salah satunya kurangnya kerjasama yang baik antara sekolah, guru pembina dengan OrganisasiOsis
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MTs Al-Falah, Pembinaan Akhlak, Peserta didik |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id |
Date Deposited: | 21 Sep 2023 08:07 |
Last Modified: | 21 Sep 2023 08:07 |
URI: | https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/404 |