PENGARUH PEMBELAJARAN ALQUR’AN HADIST DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI SEKOLAH MADRASAH TSANAWIYAH NURUL IMAN CISEENG BOGOR KELAS VII

Nurhadiah, Nurhadiah (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN ALQUR’AN HADIST DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI SEKOLAH MADRASAH TSANAWIYAH NURUL IMAN CISEENG BOGOR KELAS VII. Diploma thesis, UNUSIA.

[thumbnail of Nurhadiah - 14130119.pdf] Text
Nurhadiah - 14130119.pdf

Download (3MB)
Official URL: https://unusia.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Al-Qur’an hadist dalam meningkatkan kedisiplinan siswa kelas VII . Yang dimaksud dengan Pengaruh Pembelajaran Al-Qur’an hadist itu adalah dampak yang timbul pada sistem pembelajaran Al-Qur’an hadist yang dipelajari para siswa disekolah. Sedangkan yang dimaksud dengan Kedisiplinan adalah suatu sistem aturan yang dibuat oleh sekolah untuk di patuhi oleh semua pihak yaitu murid ,guru maupun karyawan yang ad di area sekolah . Dalam penelitian ini adalah hasil rata-rata nilai Ulangan tengah semester Ganjil kelas VII Madrasah Tsanawiyah Nurul-Iman tahun ajaran 2018-2019 .

Populasi penelitian ini adalah para siswa siswi Madrasah Tsanawiyah Nurul�Iman ,yang duduk di kelas VII yng berjumlah 27 peserta didik dengan sampel sebanyak (50 % ) atau 30 responden.Penelitian ini tekhnik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Proportional Sistematik Random Sampling .Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrument yang dikembangkan sendiri dari konstruk teori yang berkaitan dengan variabel penelitaian ,yaitu variabel (X ) Pengaruh pembelajarn Al-Qur’an hadist 27 soal dan variabel (Y)di ambil dari hasil nilai rapot ulangan tengah semester genap tahun ajaran 2018-2019 .Teknik analisis adalah teknik korelasi product moment dari person .

Penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran Al-Qur’an hadist dalam meningkatkan kedisiplinan siswa .Dari hasil perhitungan dengan rumus korelasi product moment di peroleh korelasi r x y sebesar 0.63 dan tabel sebesar 0.361 pada taraf signifikansi 95% dan pada taraf signifikansi 99% pembuktian hipotesis berdasarkan perhitungan statistic uji –t menghasilkan t hitung sebesar 4,292 dan t tabel sebesar 2.048 pada taraf kepercayaan 0,05% dan pada taraf 0,01% Kontribusi Pengaruh pembeljaran Al-Qur’an hadist dalam meningkatkan kedisiplinan siswa atas dasar koefisien determinasi r₂ x 100% adalah 39.69% sedangkan sisa nya sebesar 60.31 % dipengaruhi oelh faktor lain.

Dari hasil penelitian ini ,penulis menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran Al-Qur’an hadist dalam meningkatkan keidisiplinan pada siswa kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Nurul-Iman Ciseeng Bogor .Oleh karena itu hendaknya siswa harus bisa mematuhi peraturan yang ada di sekolah maupun lingkungan rumah

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Al-Qur'an hadist, Kedisiplinan Siswa
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id
Date Deposited: 21 Sep 2023 07:45
Last Modified: 21 Sep 2023 07:45
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/401

Actions (login required)

View Item
View Item