PENGARUH BIMBINGAN ORANGTUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PAI SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH AL ARQOM KECAMATAN SUKARAJA KABUPATEN BOGOR

Muqita, Nifia yusri (2021) PENGARUH BIMBINGAN ORANGTUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PAI SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH AL ARQOM KECAMATAN SUKARAJA KABUPATEN BOGOR. Diploma thesis, UNUSIA.

[thumbnail of NIFIA YUSRI MUQITA - 17130069.pdf] Text
NIFIA YUSRI MUQITA - 17130069.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://unusia.ac.id/

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai “Pengaruh Bimbingan Orangtua Terhadap Motivasi Belajar PAI Siswa Kelas VII MTs Al Arqom Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bimbingan orangtua, motivasi belajar siswa dan pengaruh bimbingan orangtua terhadap motivasi belajar siswa di MTs Al Arqom Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini yakni semua siswa kelas VII MTs Al Arqom Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor yang berjumlah 36 orang. Sampel pada penelitian berjumlah 36 dengan pengambilan sampling jenuh. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas 20 butir soal dengan menggunakan skala likert. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif dengan pemgumpulan data yang dilakukan di lapangan melalui wawancara, angket, dan dokumentasi, guna memperoleh data yang jelas. Analisis Korelasi Product Moment digunakan untuk mengetahui pengaruh antara Bimbingan Orangtua (variabel X) dan Motivasi Belajar Siswa (variabel Y).

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan penelitian ini, maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1). Bimbingan orangtua Siswa Kelas VII MTs Al Arqom Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor termasuk pada kualifikasi baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan rata-rata skor jawaban 20 pertanyaan (angket) yang diajukan kepada 36 responden, dengan hasil 67,77%. 2). Motivasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Al Arqom Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor termasuk pada kualifikasi baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan rata-rata skor jawaban 20 pertanyaan (angket) yang diajukan kepada 36 responden, dengan hasil 59,85%. 3). Terdapat pengaruh antara Bimbingan Orangtua Terhadap Motivasi Belajar PAI Siswa VII MTs Al Arqom kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor dengan nilai 0,55 Maka Hipotesis Nol (H0) rxy < 0
ditolak.

Hal ini berarti Hipotesis Alternatif Ha rxy > 0 di terima atau dengan kata lain terdapat pengaruh yang Cukup atau Sedang antara Bimbingan Orangtua terhadap Motivasi Belajar PAI siswa Kelas VII di MTs Al Arqom Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Orangtua, Motivasi Belajar Siswa, Pembelajaran Agama Islam
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id
Date Deposited: 21 Sep 2023 07:25
Last Modified: 21 Sep 2023 07:25
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/399

Actions (login required)

View Item
View Item