Fakhri, Naufal (2021) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS AL MUNAWAROH JAKARTA BARAT. Diploma thesis, UNUSIA.
Naufal Fakhri-17130042.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar siswa. Variabel independen dalam penelitian ini adalah media audio visual dan variabel dependen adalah hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan data primer yang berasal dari hasil kuesioner dan soal untuk mengukur pengetahuan siswa tentang media audio visual dan mata pelajaran fiqih yang dibagikan dan diisi oleh siswa Mts Al Munawaroh populasi penelitian ini adalah siswa Mts Al Munawaroh. Sampelnya 40 siswa yang mendapat pelajaran Fikih dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Jenis penelitian ini kuantitatif, teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji asumsi klasik dan analisis linier sederhana.
Penerapan media audio visual pada pelajaran fiqih di Mts Al Munawaroh adalah memperoleh skor 109 dengan kategori sedang. Artinya dalam proses pembelajaran dengan menggunakan media audio visual pada mata pelajaran fiqih haji siswa mendapatkan kejelasan pesan yang disampaikan, tidak tergantung pada bahan ajar lain, mudah dimengerti, memotivasi untuk mengikuti pelajaran, proses pembelajara menajadi efektif dan efisien, memberikan keterampilan serta meningkatkan konsenterasi siswa.
Hasil belajar siswa di MTs Al Munawaroh pada mata pelajaran fiqih memperoleh hasil di kategori sedang dengan interval 123– 163 dengan skor 155. Dengan begitu hasil belajar menunjukkan hasil yang baik dalam menyerap pembelajaran fiqih dengan menggunakan bantuan alat ajar media audio visual.
Pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa terbukti dari nilai t hitung 2,619 lebih besar dari 1,686 dan nilai signifikan sebesar 0,013 lebih kecil dari 0,05. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis diterima. Dengan demikian, terdapat pengaruh positif signifikan yang berarti apabila penggunaan media audio visual semakin baik maka hasil belajar siswa pun semakin baik
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media, Audio Visual, Hasil Belajar |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id |
Date Deposited: | 21 Sep 2023 06:56 |
Last Modified: | 21 Sep 2023 06:56 |
URI: | https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/396 |