PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP AKHLAK SISWA MTs DAARUL RAHMAN I JAKARTA

Walid, Mohammad (2021) PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP AKHLAK SISWA MTs DAARUL RAHMAN I JAKARTA. Diploma thesis, UNUSIA.

[thumbnail of MOHAMMAD WALID-17130108.pdf] Text
MOHAMMAD WALID-17130108.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://unusia.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendidikan Agama Islam terhadap (X) Akhlak Siswa (Y). Hipotesis yang diuji adalah: (1) terdapat pengaruh pendidikan agama islam terhadap akhlak siswa, (2) tidak terdapat pengaruh pendidikan agama islam terhadap akhlak siswa.

Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional terhadap data-data kuantitatif yang diperoleh dari objek penelitian yaitu siswa-siswa MTs Daarul Rahman Jakarta. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Purposive sampling yaitu teknik sampling yang digunakan oleh peneliti mempunyai pertimbangan-pertimbangan tertentu dalam mengambil sampel. Dalam penelitian ini yang dijadikan sampel adalah kelas VIII sebanyak 35 responden dari total 244 populasi siswa pada semester ganjil tahun ajaran 2021-2022. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket/kuesioner, observasi dan dokumentasi. Jenis analisis yang digunakan adalah analisis korelasi yang dijabarkan secara deskriptif dan menggunakan rumus statistic product moment.

Dari analisi data penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pendidikan agama islam terhadap akhlak siswa MTs Daarul Rahman Jakarta dengan hasil koefisien korelasi product moment sebesar 0,492.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id
Date Deposited: 21 Sep 2023 04:41
Last Modified: 21 Sep 2023 04:41
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/389

Actions (login required)

View Item
View Item