HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) MADRASAH DENGAN HASIL BELAJAR SISWA MA AL-MUDDATSIRIYAH PADA MATA PELAJARAN FIKIH

Nurmilah, Melshiva (2021) HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) MADRASAH DENGAN HASIL BELAJAR SISWA MA AL-MUDDATSIRIYAH PADA MATA PELAJARAN FIKIH. Diploma thesis, UNUSIA.

[thumbnail of Melshiva Nurmilah-17130058.pdf] Text
Melshiva Nurmilah-17130058.pdf

Download (3MB)
Official URL: https://unusia.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara media pembelajaran learning management system (LMS) madrasah dengan hasil belajar siswa MA al-Muddatsiriyah pada mata pelajaran fikih. Penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis korelasional. Populasi penelitian ini berjumlah 134 siswa dengan menggunakan teknik accidental sampling (convenience sampling). Perolehan data peneliti menyebarkan kuesioner ke siswa kelas XI dan XII IPS MA Al-Muddatsiriyah menggunakan Goggle Form.

Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa terdapat hubungan positif antara media pembelajaran learning management system (LMS) dengan hasil belajar. Hasil penelitian ini menyimpulkan: 1) berdasarkan data angket yang terkumpul dapat diketahui bahwa siswa kelas XI (IPA IPS I dan II) dan XII IPS MA al0Muddatsiriyah mempunyai persepsi bervariasi atau berbeda-beda, diketahui bahwa media pembelajaran LMS terendah yaitu 29, sedangkan media pembelajaran LMS tertinggi yaitu 4, kemudian diperoleh rata-rata atau Mean sebesar 36,60 dan standar deviasi sebesar 3,356. 2) berdasarkan hasil belajar Fikih siswa dapat diketahui bahwa hasil belajar fikih siswa kelas XI (IPA IPS I dan II) dan XII IPS MA al-Muddatsiriyah adalah bervariasi atau berbeda-beda, diketahui bahwa hasil belajar terendah yaitu dengan nilai 60 dan tertinggi dengan nilai 90, dengan Mean 78,27 dan standar deviasi 7,503. 3) Berdasrkan hasil analisis data diperoleh bahwa memiliki hubungan yang positif dan signifikan pada pengunaan media pembelajaran LMS terhadap hasil belajar pada mata pelajaran fikih. Adapun besar hubungan media pembelaja-ran LMS terhadap hasil belajar sebesar 0,114 sedangkan 88,6% hasil belajar dipengaruhi oleh variabel yang lain yang tidak diteliti

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Hasil Belajar
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id
Date Deposited: 21 Sep 2023 04:09
Last Modified: 21 Sep 2023 04:10
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/384

Actions (login required)

View Item
View Item