MENAKAR PERAN MEDIA SOSIAL DAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PAHAM KEAGAMAAN PERSERTA DIDIK (STUDI KASUS SMK MAARIF NU GROGOL)

Romadlon, M. Rifqi (2021) MENAKAR PERAN MEDIA SOSIAL DAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PAHAM KEAGAMAAN PERSERTA DIDIK (STUDI KASUS SMK MAARIF NU GROGOL). Diploma thesis, UNUSIA.

[thumbnail of M. Rifqi Romadlon-14130081.pdf] Text
M. Rifqi Romadlon-14130081.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://unusia.ac.id/

Abstract

Usia SMA/SMK merupakan usia yang sangat mudah untuk di doktrin, di mana pada usia tersebut anak-anak SMA/SMK maasih sering melakukan tindakan yang tidak baik. Misalnya seperti tawuran, sex bebas, alkohol, narkoba dan sebagainya dan seterusnya. Anak seusia tersebut seharusnya masih menuntut ilmu malah melakukan hal yang sebaliknya, ditambah lagi penyebaran informasi di media sosial yang sedemikian cepat menjadikan anak usia tersebut gampang untuk melakukan tindakan sebelum tabayyun terlebih dahulu, dalam arti gampang diprovokasi. Begitu juga dengan fenomena dakwah yang sedemikiannya, hal ini harus diantisipasi sejak dini bagi orang yang bersentuhan langsung dengan peserta didik, dalam hal ini orang tua dan guru pendidkan agama Islam. Maka tugas sekolah dan guru terkhusus guru pendidikan agama Islam cukup berat untuk mendidik peserta didik agar tidak melakukan tindakan yang tidak baik tersebut. Peran guru pendidikan agama Islam untuk meningkatkan paham keagamaan peserta didik tidak lain untuk kebaikan peserta didik itu sendiri, menjadikan peserta didik yang religius dan mempraktekkan paham keagaman yang sesuai dalam Islam Ahlussunnah Wal Jamaah Annahdliyah dalam kehidupan sehari-hari, entah di sekolah maupun di masyarakat.

Lokasi penelitian ini dilakaukan di SMK Maarif NU, Grogol, Jakarta Barat. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui tentang paham keagamaan peserta didik, pengaruh media sosial terhadap perkembangan paham keagamaan peserta didik dan untuk mengetahui sejauh mana guru dalam memberikan paham keagamaan peserta didik. Penelitian yang digunakan oleh penulis adalah kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan penulis adalah wawancara dan observasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: SMK Maarif, Paham Keagamaan
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id
Date Deposited: 21 Sep 2023 03:48
Last Modified: 21 Sep 2023 03:48
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/381

Actions (login required)

View Item
View Item