PENGARUH BIMBINGAN ROHANI ISLAM TERHADAP PERILAKU SISWA KELAS VI DI SDN PETOJO UTARA 09 PAGI

Adiibah, Luthfiyyah Kusuma (2021) PENGARUH BIMBINGAN ROHANI ISLAM TERHADAP PERILAKU SISWA KELAS VI DI SDN PETOJO UTARA 09 PAGI. Diploma thesis, UNUSIA.

[thumbnail of Luthfiyyah Kusuma Adiibah-16130151.pdf] Text
Luthfiyyah Kusuma Adiibah-16130151.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://unusia.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh bimbingan rohani Islam dengan perilaku siswa kelas VI di SDN Petojo Utara 09 Pagi Jakarta.

Metode penelitian ini adalah menggunakan penelitian survey dengan jenis asosiatif kausal dengan jenis data deskritif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Petojo Utara 09 Pagi Jakarta dengan teknik pengambilan sampel menggunakan propotional random sampling sehingga ditetapkan jumlah sampel sebanyak 30 sampel. Adapun teknik pengumpulan data kedua variabelnya adalah menggunakan angket sebagai data primer dan wawancara serta dokumen sebagai data skunder. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis tabulasi frekuensi dan tabulasi persentasi yang dilanjutkan dengan analisis kausal dengan rumus product moment.

Temuan penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa pertama ; hasil uji kausal penelitian menunjukan angka 0,95 yang artinya bahwa terdapat nilai korelasi bimbingan rohani Islam terhadap perilaku siswa kelas VI sebesar 0,95 dengan kategori sangat tinggi. Selanjutnya berdasarkan hasil uji koofesien korelasi diperoleh skor t hitung sebesar 7,00. Kemudian dikonsultasikan dengan t tabel pada tarif kesalahan 5 persen diperoleh angka sebesar 0,265 dengan ketentuan t hitung > dari t tabel atau 7,00 > 0,265 sehingga kesimpulannya adalah terdapat pengaruh yang signifikan bimbingan rohani Islam dengan perilaku siswa kelas VI di SDN Petojo Utara 09 Pagi jakarta. Setelah pengujian hipotesis penelitian dan uji koofesien signifikasnsi dilanjutkan dengan uji determinasi yakni bertujuan untuk mengetahui kontribusi bimbingan rohani Islam terhadap perilaku siswa kelas VI. Dari hasil pengujian koofesien determinasi ini diperoleh angka sebesar 90 persen. Hal ini artinya bahwa pada kasus penelitian ini menunjukan terdapat 90 persen kontribusi bimbingan rohani Islam terhadap perilaku siswa kelas VI. Sehingga masih ada 10 persen faktor-faktor lainnya yang memberikan kontribusi pada perilaku siswa kelas VI seperti diantaranya perhatian orang tua siswa, lingkungan sekolahm disiplin belajar, dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Rohani Islam, Perilaku Siswa
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id
Date Deposited: 20 Sep 2023 10:17
Last Modified: 20 Sep 2023 10:17
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/378

Actions (login required)

View Item
View Item