TANTANGAN DAN HAMBATAN PEMBELAJARAN DARING DALAM PEMBELAJARAN FIKIH DAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VII MTs CHAIRIYAH MANSURIYAH

Mulyawan, Imam (2021) TANTANGAN DAN HAMBATAN PEMBELAJARAN DARING DALAM PEMBELAJARAN FIKIH DAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VII MTs CHAIRIYAH MANSURIYAH. Diploma thesis, UNUSIA.

[thumbnail of IMAM MULYAWAN-17130003.pdf] Text
IMAM MULYAWAN-17130003.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://unusia.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tantangan dan hambatan pembelajaran daring dalam pembelajaran fikih dan bahasa Indonesia di kelas VII MTs Chairiyah Mansuriyah.

Metode dalam penelitian menggunakan metode kualitatif dengan teknik analisis data triangulasi, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh dari hasil penelitian diolah dan dianalisis dengan menggunakan 3 tahapan yaitu Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan kesimpulan.

Hasil riset ini menemukan bahwa, praktek pembelajaran daring dalam pelajaran fikih dan bahasa Indonesia, yaitu dari metode yang digunakan ceramah dan penugasan, Media yang digunakan Google Classroom, dan Youtube. Kemudian, Pembelajaran daring Fikih menggunakan metode praktek sementara pembelajaran daring bahasa Indonesia menggunakan praktek berupa membuat puisi, lalu pembelajaran daring Fikih menggunakan media Youtube dan Zoom sementara pembelajaran daring bahasa Indonesia menggunakan media WhattsApp, dan Bandicam. Lalu dari tantangan dan hambatan terdapat Kendala dalam penggunaan platform, adanya jaringan internet yang kurang mendukung, Siswa Tidak memiliki handphone dan Membutuhkan jaringan internet yang tinggi serta membutuhkan biaya tambahan.

Implikasi dalam penelitian ini dengan segala tantangan dan hambatan, sebaiknya sekolah memberikan pelatihan media/platform pembelajaran daring agar guru memiliki kompetensi terhadap teknologi yang ada saat ini, sehingga target pembelajaran daring tercapai. Pada penelitain selanjutnya diharapkan pada penelitian�penelitian dengan tema seperti ini yang dikaji lebih dalam lagi oleh peneliti-peneliti selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran daring, tantangan dan hambatan
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id
Date Deposited: 20 Sep 2023 08:29
Last Modified: 20 Sep 2023 08:29
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/368

Actions (login required)

View Item
View Item