PENGARUH KEDISIPLINAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP PESANTREN AL-QUR’AN BABUSSALAM AL MUCHTARIYAH KABUPATEN KEPULAUAN SELAYAR

Reskiandi, ikram (2021) PENGARUH KEDISIPLINAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP PESANTREN AL-QUR’AN BABUSSALAM AL MUCHTARIYAH KABUPATEN KEPULAUAN SELAYAR. Diploma thesis, UNUSIA.

[thumbnail of Ikram Reskiandi - 16130072.pdf] Text
Ikram Reskiandi - 16130072.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://unusia.ac.id/

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai “Pengaruh Kedisiplinan Siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Pesantren Al-Qur’an Babussalam Al Muchtariyah Kabupaten Kepulauan Selayar”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kedisiplinan siswa, prestasi belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan pengaruh kedisiplinan siswa di SMP Pesantren Al-qur’an Babussalam Al Muchtariyah Kabupaten Kepulauan Selayar.

Penelitian kuantitatif ini menggunakan jenis causal comparative research atau penelitian kausal komparatif yang disebut juga penelitian ex post facto. Populasi pada penelitian ini yakni semua siswa kelas VIII SMP Pesantren Al-qur’an Babussalam Al Muchtariyah Kabupaten Kepulauan Selayar yang berjumlah 60 orang. Sampel pada penelitian berjumlah 60 dengan pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Instrumen yang digunakan berupa angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis deskriptif dan analisis inferensial uji regresi linier sederhana yang sebelumnya melalui uji prasyarat analisis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor karakteristik kedisiplinan kelas VIII SMP Pesantren Al-qur’an Babussalam Al Muchtariyah Kabupaten Kepulauan Selayar berada pada kategori sedang dengan persentasenya 68,33% dengan nilai rata-rata 53,65 sedangkan rata-rata skor untuk prestasi belajar siswa berada pada kategori sedang dengan persentasenya 58,33% dengan nilai rata-rata 88,75. Hasil analisis inferensial data menunjukkan nilai fhitung > ftabel yaitu 118,237 > 4,17 dengan nilai signifikan yaitu 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Pesantren Al-Qur’an Babussalam Al Muchtariyah Kabupaten Kepulauan Selayar.

Saran dari penelitian ini adalah: 1) bagi siswa agar memperhatikan serta meningkatkan kedisiplinannya karena kedisiplinan terbukti memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar yang tentunya menjadi tolok ukur keberhasilan siswa di sekolah. 2) bagi guru agar memperhatikan dan mengarahkan bagaimana seharusnya kedisiplinan yang dimiliki siswa saat di kelas ataupun di luar kelas untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. 3) bagi pihak sekolah sebaiknya meningkatkan
kedisiplinan siswa dengan pengawasan serta pelaksanakan tata tertib sekolah. Pelaksanaan tata tertib yang maksimal secara tidak langsung melatih kedisiplinan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan siswa, prestasi belajar siswa, pembelajaran agama islam
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id
Date Deposited: 20 Sep 2023 08:20
Last Modified: 20 Sep 2023 08:20
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/367

Actions (login required)

View Item
View Item