Nurjamilah, Ida (2021) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK (MATERI ANANIAH, PUTUS ASA, GADAB, DAN TAMAK KELAS VIII MTs AL-MUSYAROFAH DARANGDAN PURWAKARTA). Diploma thesis, UNUSIA.
IDA NURJAMILAH-131516023.pdf
Download (3MB)
Abstract
Dalam usaha meningkatkan hasil belajar siswa ditingkat Madrasah Tsanawiyah perlu adanya penerapan dari segi metode pembelajaran yakni dengan menerapkan strategi pembelajaran word square sebagai salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Pada observasi awal yang dilakukan obsever di MTs Al-Musyarofah menunjukan masih banyaknya siswa yang belum mampu mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) hal ini terbukti pada data yang dilampirkan.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperbaiki, meningkatkan hasil belajar siswa agar tercapai hasil pembelajaran yang sesuai dengan kriteria ketuntasan maksimal (KKM) melalui penerapan strategi pembelajaran word square ini. Subyek pada penelitian ini adalah kelas VIII MTs Al-Musyarofah Darangdan yang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Langkah-langkah penelitian yang terdiri dari Perencanaan, Tindakan, Observasi, dan Refleksi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan strategi pembelajaran word square berhasil dilaksanakan di MTs Al-Musyarofah yaitu terbukti dengan hasil observasi yang menunjukan adanya peningkatan hasil belajar setelah menggunakan strategi pembelajaran word square. Sebelum tindakan atau sebelum menggunakan strategi pembelajaran word square siswa hanya mampu mendapatkan nilai dengan rata-rata nilai yaitu 60,89. Selanjutnya pada siklus I siswa hanya mampu mendapatkan nilai dengan rata-rata 65,71. Pada siklus ke II banyak peningkatan yaitu dengan rata-rata nilai 82,14.
Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpilkan bahwa penerapan strategi pembelajaran word square terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas kelas VIII di MTs Al-Musyarofah Darangdan tergolong sangat baik. Berdasarkan penelitian disarankan agar ada perhatian untuk guru mata pelajaran Akidah Akhlak agar senantiasa memberikan pembelajaran kepada siswa dengan berbagai metode yang mampu terciptanya hasil belajar dengan dengan sebaik mungkin
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi pembelajaran, Mata pelajaran Akidh Akhlak |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id |
Date Deposited: | 20 Sep 2023 05:55 |
Last Modified: | 20 Sep 2023 05:55 |
URI: | https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/365 |