PENGARUH MINAT MEMBACA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VIII DI MTs NURUL IMAN KECAMATAN CISEENG KABUPATEN BOGOR

Rosidah, Habibah (2021) PENGARUH MINAT MEMBACA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VIII DI MTs NURUL IMAN KECAMATAN CISEENG KABUPATEN BOGOR. Diploma thesis, UNUSIA.

[thumbnail of HABIBAH ROSIDAH-16130071.pdf] Text
HABIBAH ROSIDAH-16130071.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://unusia.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Minat Baca (independen) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs. Nurul Iman (dependen). Hipotesis yang akan diuji adalah: (1) Terdapat pengaruh dari Minat Baca terhadap hasil belajar siswa (2) Tidak terdapat pengaruh dari Minat Baca terhadap hasil belajar siswa.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa MTs. Nurul Iman yang berjumlah 350 siswa dengan mengambil sampel dari poplasi terjangkau yaitu seluruh kelas VIII MTs. Nurul Iman yang berjumlah 59 siswa. Teknik pengambilan data pada penelitian ini adalah dengan metode dokumentasi dan penyebaran kuesioner (instrumen) dengan jumlah butir soal sebanyak 24 pernyataan. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah metode analisis regresi linear sederhana.

Berdasarkan hasil analisis penulis menemukan bahwa: (1) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs. Nurul Iman mayoritas berada pada kategori sedang dengan jumlah sebanyak 59 siswa dan persentase sebesar 68%. (2) Minat Baca Siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs. Nurul Iman mayoritas berada pada kategori sedang dengan jumlah sebanyak 35 siswa dengan persentase sebesar 59%. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan dari minat baca terhadap hasil belajar siswa berdasarkan hasil analisis regresi liniear sederhana diperoleh persamaan regresi γ=32,859 +0,514x, diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti variabel Perhatian minat baca (X) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Hasil Belajar (Y). Hasil R Square (koefisien determinasi) adalah sebesar 0.515, yang berarti bahwa sebanyak 51,5% hasil belajar dapat dipengaruhi oleh minat baca, sedangkan 48,5% lainnya dapat dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Minat Baca Siswa, Hasil Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id
Date Deposited: 20 Sep 2023 03:33
Last Modified: 20 Sep 2023 03:33
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/362

Actions (login required)

View Item
View Item