PENGARUH PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK TERHADAP PERILAKU SISWA KELAS IX DI MTS DARUL ISHLAH PAMULANG

Hapsoro, Galih (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK TERHADAP PERILAKU SISWA KELAS IX DI MTS DARUL ISHLAH PAMULANG. Diploma thesis, UNUSIA.

[thumbnail of Galih Hapsoro -15130020.pdf] Text
Galih Hapsoro -15130020.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://unusia.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pengaruh pembelajaran Akidah Akhlak (X) dan Perilaku Siswa (Y). Hipotesis yang diuji adalah: Terdapat pengaruh antara pembelajaran Akidah Akhlak terhadap Perilaku Siswa.

Metode penelitian yang digunakan adalah asosiatif kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas IX MTs Darul Ishlah Pamulang. Dengan pengambilan sampel penelitian sebanyak 24 siswa diambil secara keseluruhan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen yang dikembangkan sendiri dari konstruk teori-teori yang berkaitan dengan variabel penelitian, yaitu variabel Pembelajaran Akidah Akhlak terdiri atas 15 butir pernyataan dan perilaku siswa terdiri atas 15 butir pernyataan. Teknik alasis yang dipergunakan adalah analisis jalur pada taraf signifikansi α = 0,05.

Penelitian ini menemukan bahwa, (1) Terdapat pengaruh langsung antara Pembelajaran Akidah Akhlak dan Perilaku Siswa dengan persamaan regresi Y = 20,679 + 0,684 (X) dan koefisien korelasi r24 = 0,825. (2) Hasil analisis koefisien determinasi diperoleh KD = 68%. Hal ini menunjukan bahwa kontribusi pembelajaran akidah akhlak (X) berpengaruh terhadap variabel perilaku siswa (Y)sebesar 68%. (3) hasil pengolahan data untuk pemberian akidah akhlak diperoleh thitung sebesar 6,842 dengan tingkat signifikan 0,000 oleh karena itu thitung lebih besar dari ttabel yaitu 6,842> 1,717 atau signifikan 0,000< 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang kuat atau signifikan antara pembelajaran akidah akhlak terhadap perilaku siswa.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa perilaku siswa dapat ditingkatkan melalui upaya peningkatan pembelajaran akidah akhlak. Hal ini dapat diwujudkan dari guru untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitas pembelajaran serta memperhatikan perilaku siswanya dikelas agar selalu di ajarkan perilaku yang baik dan terhindar dari perilaku yang tidak baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Pembelajaran Akidah Akhlak, Perilaku Siswa
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id
Date Deposited: 20 Sep 2023 03:20
Last Modified: 20 Sep 2023 03:20
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/360

Actions (login required)

View Item
View Item