Amin, Fathul (2021) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI (SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM) MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DI MTS N 24 JAKARTA. Diploma thesis, UNUSIA.
Fatkhul Amin-14130013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Pada penelitian ini, penulis meneliti upaya peningkatan motivasi belajar siswa pada mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Untuk memudahkan dalam menganalisis, penulis menggunakan teori pembelajaran contextual teaching learning (CTL). Adapun metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah metode kualitatif, dengan jenis penelitiannya yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) atau classroom action research. Desain atau rancangan penelitian tindakan kelas secara umum mencakup 4 (empat) langkah, yaitu: 1) perencanaan, 2) tindakan atau pelaksanaan, 3) observasi atau pengamatan, dan 4) refleksi. Mengenai proses pelaksanaan penelitian tindakan kelas yang digunakan pada penelitian ini, penulis menggunakan model siklus yang dikemukakan oleh Kemiis & Taggart yang terdiri atas: planning, acting, obeserving, dan reflecting. Hasil refleksi ini yang digunakan untuk memperbaiki perencanaan berikutnya. Mengenai tempat yang menjadi fokus penulis adalah MTsN 24 Jakarta.
Kedudukan penulis pada penelitian ini yaitu sebagai instrumen utama dalam melakukan pengumpulan data. Pada penelitian ini, penulis menggunakan 4 (empat) metode pengumpulan data, yaitu berupa wawancara, tes, observasi, dan dokumentasi.
Pada pra penelitian, motivasi siswa adalah sebesar 43%, setelah diterapkannya metode CTL, motivasi siswa naik menjadi 56%. Setelah sepenuhnya menggunakan metode CTL, motivasi meningkat naik menjadi 79%, Hasil dari pretest dan post test juga menunjukkan peningkatan. Pada pra penelitian rata- rata nilai siswa adalah sebesar 63,90, pada siklus I nilai rata- rata siswa adalah 70,64, terakhir pada siklus II nilai rata- rata 81,88. Berdasarkan Kesimpulan yang dapat disampaikan. Pertama, metode CTL dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII dalam pembelajaran SKI. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil lembar angket motivasi belajar yang mengalami peningkatan. Kedua, penggunaan metode CTL pada pembelajaran SKI adalah salah satu metode yang dapat dilaksanakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan Motivasi, Motivasi Belajar , Contextual Teaching Learning (CTL) |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id |
Date Deposited: | 19 Sep 2023 09:35 |
Last Modified: | 19 Sep 2023 09:35 |
URI: | https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/359 |