MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PANDEMI PADA SISWA KELAS VIII MTS NEGERI 40 SEMANAN JAKARTA BARAT (ANALISIS TEORI MINAT BELAJAR DRS. SLAMETO)

Hasanah, fatimah Nur (2021) MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PANDEMI PADA SISWA KELAS VIII MTS NEGERI 40 SEMANAN JAKARTA BARAT (ANALISIS TEORI MINAT BELAJAR DRS. SLAMETO). Diploma thesis, UNUSIA.

[thumbnail of Fatimah Nur Hasanah-17130123.pdf] Text
Fatimah Nur Hasanah-17130123.pdf

Download (3MB)
Official URL: https://unusia.ac.id/

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menguraikan minat belajar siswa dalam pembelajaran jarak jauh di masa pandemi pada kelas VIII MTs Negeri 40 Semanan Jakarta Barat (analisis teori minat belajar drs. Slameto).

Pertanyaan penelitian ini adalah: Bagaimana minat belajar siswa dalam pembelajaran jarak jauh di masa pandemi. Bagaimana persepsi siswa tentang pembelajaran jarak jauh dan pengaruhnya terhadap minat belajar siswa. Bagaimana peranan guru dalam meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran jarak jauh di masa pandemi.

Penelitian ini dilaksanakan di Kelas VIII MTs Negeri 40 Semanan Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi partisipatif, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Sementara validitas data yang digunakan yaitu uji credibility yang terdiri dari perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi (triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu), analisis kasus negative, menggunakan bahan referensi, dan menggunakan member check.

Hasil penelitian ini menyimpulkan minat belajar siswa dalam pembelajaran jarak jauh di masa pandemic dapat dilihat dari: (1) perasaang senang siswa, (2) perhatian siswa, (3) ketertarikan siswa, (4) dan, keterlibatan/partisipasi siswa. Pada persepsi siswa tentang pembelajaran jarak jauh dan pengaruhnya terhadap minat belajar siswa. (1) penerimaan, (2) pemahaman, (3) dan penilaian. Hal-hal yang dapat membantu meningkatkan minat belajar siswa yaitu peranan guru, peranan guru yang digunakan adalah: (1) memberikan dorongan (berupa motivasi, nasehat, dan arahan), (2) membimbing (berupa membantu perkembangan aspek-aspek pribadi seperti sikap, nilai-nilai, dan penyesuaian diri), (3) dan, menyediakan fasilitas belajar siswa dalam pembelajaran jarak jauh di masa pandemic.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar Siswa, Pembelajaran Jarak Jauh, Pandemi COVID-19
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id
Date Deposited: 19 Sep 2023 09:26
Last Modified: 19 Sep 2023 09:26
URI: https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/358

Actions (login required)

View Item
View Item