Suriana, Ena (2021) PENGARUH METODE TANYA JAWAB TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VIII DI MTs NURUL FALAH SERPONG. Diploma thesis, UNUSIA.
Ena Suriana-15130116.pdf
Download (2MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui penerapan“pengaruh metode Tanya jawab terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTts nurul falah lengkong gudang, 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa saat guru menggunakan metode Tanya jawab, 3) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran fiqih dengan menggunakan metode Tanya jawab.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, sedangkan pengumpulan data dilakukan melalui angket, observasi, dan dokumentasi. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII B MTs Nurul Falah Lengkong Gudang Serpong sebanyak 31 orang. Pengukuran metode Tanya jawab diambil melalui hasil angket, sedangkan hasil belajar fiqih diambil dari nilai UTS . kemudian data diolah dengan menggunakan rumus Korelasi Product Moment.
Dari hasil penelitian yang digunakan diperoleh bahwa adanya pengaruh lemah antara variabel X ( Metode Tanya jawab ) dengan variabel Y ( hasil belajar ). Pengujian hipotesis diperoleh rhitung sebesar ( 0.984 ) dan rtabel pada taraf signifikan 5% = ( 0.355 ) dengan demikian rhitung lebih besar dari rtabel ( 0.489 > 0.355 ). Maka,hipotesis alternatif diterima sedangkan hipotesis nihil ditolak. Dalam koefisien determinasi variabel X dan variabel Y sebesar 23,9%. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara metode Tanya jawab terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VIII B di MTs Nurul Falah Lengkong Gudang Serpong.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh metode tanya jawab, hasil belajar siswa,fiqih |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email anasghozali@unusia.ac.id |
Date Deposited: | 19 Sep 2023 09:03 |
Last Modified: | 19 Sep 2023 09:03 |
URI: | https://repository.unusia.ac.id/id/eprint/357 |